Cucu BJ Habibie Jadi Pemain Bola Profesional, Begini Kata Indra Sjafri

indra.jpg
((www.baliutd.com))

RIAU ONLINE - Pelatih Bali United Indra Sjafri mengaku terkesan dengan kualitas yang dimiliki Muhammad Rafid Habibie. Cucu dari mantan Presiden RI BJ Habibie itu dinilai punya visi bermain cerdas yang dibutuhkan calon pemain bintang.

 

Secara teknis, kualitas Rafid tak jauh berbeda dengan pesepak bola seusianya. Namun, kelebihannya adalah kecerdasan dalam mengambil keputusan di segala situasi.

 

"Secara teknik memang masih banyak yang harus ditingkatkan, tapi dia punya potensi untuk jadi pemain profesional. Terutama dia punya visi bermain cerdas yang diperlukan pesepak bola modern," kata Indra,  Selasa (15/3). Sebagaimana dilansir RIAUONLINE.CO.ID dari laman CNN Indoenesia.

 

Menurut Indra, modal utama pesepak bola modern adalah kecerdasan memahami filosofi permainan sebuah tim. Sementara teknik individu bisa diasah melalui program latihan terukur.


 

"Teknik individu penting. Tapi, dewasa ini pemain bola justru dituntut lebih cerdas agar dia dia punya banyak solusi dan improvisasi di lapangan," tutur mantan pelatih tim nasional sepak bola Indonesia U-19 itu. (KLIK: Gol Salto Okazaki Antar Leicester Kokoh Dipuncak Klasemen)

 

Pelatih asal Minang itu juga menyarankan Rafid untuk menempa kekuatan fisiknya lebih keras lagi. Sebab, konsistensi permainan di lapangan harus ditunjang dengan kebugaran yang prima.

 

Rafid, yang mulai bergabung dalam sesi latihan Laskar Tridatu pada Senin (14/3), bakal bertolak ke Portugal dalam waktu dekat untuk melakoni trial atau seleksi di akademi Sporting Lisbon. (LIHAT:  Andik Vermansyah Sarankan Evan Dimas Ke Espanyol)

 

Sementara Rafid mengaku bangga mendapat kesempatan berlatih bersama para pemain senior Bali United. Ia juga merasa terhormat bisa dilatih pelatih sekaliber Indra Sjafri yang memiliki reputasi bagus di sepak bola nasional.

 

"Pastinya sangat senang sebagai anak yang masih berusia 15 tahun diberikan kesempatan berlatih bersama para pemain senior di Bali United terlebih dilatih oleh coach Indra Sjafri yang semua orang tau beliau adalah pelatih hebat di Indonesia," ujar Rafid seperti dikutip dari laman resmi Bali United.