Disanksi FIFA, Timnas Indonesia Tetap Masuk Undian Piala AFF

Evan-Dimas-Darmono.jpg
(TEMPO/Iqbal Lubis)

RIAU ONLINE - Federasi sepak bola ASEAN (AFF) masih memasukkan Timnas Indonesia sebagai peserta Piala AFF AFF U-19 dan Piala AFF U-16 meski masih dikenakan sanksi oleh FIFA. AFF tampaknya memahami benar popularitas Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

 

Hal itu disampaikan Erwin Dwi Budiawan, Wakil Presiden PSSI, seusai rapat internal Tim Ad-Hoc PSSI di kediaman Agum Gumelar di Jakarta, Senin (14/3/2016) malam. Sebagaimana dilansir RIAUONLINE.CO.ID dari laman Bola.com.

 

Erwin mengungkapkan Indonesia tetap dimasukkan dalam pot undian Piala AFF U-19 dan U-16. Undian sudah dilangsungkan di Da Nang, Vietnam, pada Minggu (13/3/2016), dalam rangkaian pertemuan Dewan AFF. (KLIK: Terpuruk, Chelsea Bakal Ditinggal 9 Pemainnya)

 

PSSI, yang masih disanksi FIFA, tetap mengirimkan perwakilan untuk memenuhi undangan. Kendati, utusan PSSI yang diwakili Erwin tak banyak bicara dan lebih mengikuti jalanannya pertemuan secara pasif.

 

Dari hasil undian itu, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup B bersama Thailand, Laos, Myanmar, Australia, dan Kamboja. Putaran final Piala AFF U-19 2016 diselenggarakan di Hanoi, Vietnam, pada 11-24 September 2016.


 

Timnas Indonesia U-16 juga berada di Grup B untuk Piala AFF U-16 yang digelar di Phnom Penh, Kamboja, pada 10-23 Juli 2016. Selain Indonesia, Grup B dihuni Thailand, Laos, Kamboja, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

 

Bila sanksi FIFA sudah dicabut jelang penyelenggaraan dua ajang itu, Timnas Indonesia dipastikan langsung ambil bagian. Sebaliknya, jika sanksi belum dicabut, Indonesia bakal kehilangan kesempatan turun di Piala AFF U-19 maupun Piala AFF U-16 tahun ini. (BACA: 

 

Erwin menambahkan AFF kemungkinan besar menanti kepastian keikutsertaan Indonesia hingga pertemuan teknik sebelum fase penyisihan grup dimulai.

 

Mantan anggota Komite Eksekutif PSSI di kepengurusan PSSI periode lalu itu berujar PSSI sangat ingin timnas di kedua kelompok usia itu tampil di Piala AFF U-19 dan U-16. Hanya, bila nantinya timnas benar-benar bisa ikut serta alias sanksi FIFA sudah dicabut, ia menuturkan PSSI tak akan langsung memberi target muluk-muluk pada timnas.

 

"PSSI pasti ingin timnas ikut dalam kegiatan AFF, meski kami juga belum tahu apakah pada saat itu sepak bola Indonesia masih diskorsing FIFA atau tidak. Nanti kalau timnas ikut, mungkin tidak akan ada target dulu. Menyembuhkan luka dulu, mungkin itu target khususnya," ujar Erwin.

 

Sebagai catatan, Indonesia pernah menjuarai Piala AFF U-19 pada 2013. Ketika itu timnas yang dikenal dengan sebutan Garuda Jaya dilatih Indra Sjafri dan menghasilkan salah satu generasi terbaik timnas usia muda di Tanah Air. Nama Evan Dimas, Ilham Udin, Putu Gede, M. Hargianto, dielu-elukan publik sepak bola nasional.

 

Hasil pengundian grup Piala AFF U-19 2016
Grup A: Vietnam, Malaysia, Timor Leste, Singapura, Filipina
Grup B: Thailand, Laos, Myanmar, Australia, Kamboja, Indonesia


Hasil pengundian grup Piala AFF U-16 2016
Grup A: Myanmar, Australia, Filipina, Malaysia, Vietnam, Singapura
Grup B: Thailand, Laos, Kamboja, Timor Leste, Brunei Darussalam, Indonesia