Aktual, Independen dan Terpercaya


Jose Mourinho Dua Kali Dipecat Chelsea

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Pelatih kondang Jose Mourinho menciptakan sejarah baru setelah didepak Chelsea, Kamis (17/12/2015) kemarin. The Special One menjadi pelatih pertama sepanjang sejarah yang dua kali dipecat Chelsea.

 

Seperti dikutip dari situs resmi Chelsea, Mourinho merupakan pelatih ke-30 yang menangani klub asal London Barat tersebut. Pelatih asal Portugal itu dua kali menangani Chelsea: pada 2004 hingga 2007, dan 2013 hingga 2015.

 

Mourinho merupakan pelatih kedua yang dipercaya dua kali menangani Chelsea, setelah Ron Suart. Menariknya, Mourinho merupakan pelatih pertama yang dipecat Chelsea hingga dua kali.

 

Suart kali pertama menangani Chelsea pada Oktober 1967 sebagai pelatih interim, dan posisi kemudian digantikan Dave Sexton. Suart kembali menjadi pelatih Chelsea pada musim 1974/1975, dan dipecat pada akhir musim setelah The Blues degradasi.

 

Pemecatan Mourinho terbilang mengejutkan. Pasalnya, pemilik Chelsea, Roman Abramovich, sebelumnya telah menunjukkan kepercayaan kepada mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid tersebut. (BACA JUGA: Chelsea Pecat Mourinho?)

 

Namun, setelah kekalahan dari Leicester City 1-2 di Stadion King Power, akhir pekan lalu, kesabaran Abramovich sepertinya sudah habis. Hal itu dikarenakan Chelsea terpuruk di posisi ke-16 klasemen Liga Primer Inggris, hanya berjarak satu poin dari zona degradasi.

 

Mourinho merupakan pelatih ke-11 yang dilepas Chelsea sejak era Abramovich dimulai pada 2003. Sebelumnya, penguasaha asal Rusia itu juga memecat pelatih hebat lainnya, seperti Carlo Ancelotti dan Luiz Felipe Scolari.

 

Hingga kini Chelsea belum juga menunjuk pelatih baru, atau setidaknya pelatih interim. Padahal John Terry dan kawan-kawan akan menghadapi Sunderland pada lanjutan Liga Primer Inggris di Stamford Bridge, Sabtu (19/12).

 

Kandidat terkuat pengganti Mourinho adalah pelatih asal Belanda, Guus Hiddink, yang pernah menangani Chelsea pada Februari 2009 hingga Mei 2009.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline