Kekayaan Klub Inggris Jadi Godaan Pemain Bundesliga

PEMAIN-BUNDESLIGA.jpg
(AFP)

 

RIAU ONLINE - Presiden Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge mengakui bahwa banyaknya uang yang dimiliki oleh sebagian klub-klub di Inggris membuat klub-klub di Jerman sulit untuk mempertahankan pemain bintang. Menurutnya, selain uang berlimpah, ketenaran kompetisi Premier League juga menjadi penyebab para pemain (khususnya pemain muda) memutuskan angkat kaki dari Bundesliga.

 

Apa yang dikatakan Rummenigge memang benar adanya, sejumlah contoh pun juga baru saja terjadi di jendela transfer musim ini. Lihat saja bagaimana Kevin De Bruyne dan Son Heung-Min yang akhirnya hijrah ke negeri Ratu Elisabeth tersebut.

 

Beruntung bagi The Bavaria, mereka tidak kehilangan pemain andalannya, Thomas Muller, yang sempat mendapatkan tawaran sangat tinggi dari klub terkaya di dunia, Manchester United. (BACA JUGA: Ini 10 Pemain Termahal Transfer Musim Panas)


 

"Kami bisa mempertahankan Thomas Muller di Bayern Munchen atau jika melihat ke Real Madrid, ada Sergio Ramos yang hampir pergi karena tawaran yang besar datang dari klub Inggris. Sulit untuk bisa mempertahankan mereka," ujar mantan pemain Munchen tersebut kepada Bloomberg TV.

 

Di sisi lain, dirinya mengaku bahwa, fenomena ini tak lepas dari kebijakan hak siar yang telah diatur dengan baik oleh pihak Premier League. "Kami memiliki perbedaan yang sangat jauh antara biaya pembayaran tv di Inggris dan Jerman. Saya percaya liga Jerman melakukan kesalahan besar jika kami berbicara saat 10, 12, 15 tahun yang lalu. Saat itu, pasar televisi sedang benar-benar berkembang di Inggris," Karl-Heinz Rummenigge.

 

"Kami sangat lamban untuk mengerti jika waktu di Jerman tidaklah berbeda jauh dari Inggris. Jadi itu adalah masalah yang sangat sangat besar, terlebih di bursa transfer, Inggris selalu punya banyak dana dan itu membuat kami sulit untuk bertahan." tutupnya.

 

Pada bursa trasnfer musim ini, klub Inggris memang tengah gila dalam melakukan belanja pemain. Tercatat, dana sebesar 432,6 juta Pound sudah dikeluarkan oleh 20 klub Premier League.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline