Ryuji ke Bahrain, Susul Evan Dimas Ke Luar Negeri

Ryuji-Utomo.jpg
(TEMPO/Suryo Wibowo.)

RIAUONLINE, JAKARTA - Ryuji Utomo Prabowo tinggal memiliki waktu tiga hari lagi berkumpul bersama keluarga, rekan, dan sahabat di Tanah Air. Pada Senin (17/8/2015) tepat diperingatan HUT RI ke-70, bek berusia 20 tahun itu akan bertolak menuju Bahrain dari Jakarta.


Ryuji akan bergabung dengan klub Divisi Dua Liga Bahrain, Al Najma. Di klub yang bermarkas di Manama itu, Ryuji sudah ditunggu asisten pelatih asal Indonesia, Rudy Eka Priyambada. Rudy sudah berada di Manama sejak akhir Juli lalu.


Kemungkinan kepergian Ryuji ke Bahrain ditemani Muly Munial, pemilik agensi Munial Sports Group yang menaungi eks pemain timnas U-19 itu. "Keluarga mungkin hanya mengantar sampai bandara saja," kata Ryuji. Sebagaimana dilansir RIAUONLINE.CO.ID dari laman Bola.Com


Keberadaan Ryuji di Al Najma tak lepas dari campur tangan Rudi. Secara blak-blakan pelatih muda Indonesia berlisensi A AFC itu mengakui mengajak bekas anak didiknya di Mitra Kukar itu untuk mencicipi persaingan Liga Bahrain.


"Berdasarkan penilaian saya, dia memang layak ke sini (Bahrain). Secara postur dia sesuai yang diinginkan pelatih kepala untuk pemain bertahan karena pemain lokal di sini posturnya relatif besar. Bila secara postur tak oke, akan sulit bersaing," papar Rudy.


Sebelum Ryuji dipastikan bergabung dengan Al Najma, Rudy mengungkapkan mencermati beberapa pemain lain yang dalam penilaiannya pantas bermain di Bahrain. Ada Gunawan Dwi Cahyo dan Irfan Raditya.


 

(BACA JUGA: Skill Evan Dimas Kelas Eropa, Layak ke Spanyol)

 

Setelah mencermati langsung sepak bola Bahrain, postur, kecepatan, long ball, dan passing itu sangat penting di Bahrain. Saya pun lebih memfokuskan pada Ryuji yang memenuhi kriteria itu. Pelatih kepala Al Najma juga setuju dengan penilaian saya," imbuh mantan analis timnas U-19 itu.


Semula Rudy ingin menduetkan Ryuji di lini belakang dengan sesama pemain Mitra Kukar di ISL 2015, Jorge Gotor Blass. Namun, bek asal Spanyol itu keburu meneken kontrak dengan klub di negara asal selepas kontraknya diputus Tim Naga Mekes menyusul terhentinya kompetisi.


Keinginan Rudy membuka jalan dan memberi kesempatan pada pemain Indonesia berkiprah di Bahrain belum terhenti di Ryuji. Saat ini asisten pelatih berusia 32 tahun itu membuka peluang bagi pemain Indonesia lain lagi untuk diajak bergabung ke klub Manama FC yang bermain di Liga Premier atau kasta tertinggi kompetisi di negara di kawasan teluk Persia itu.


"Sekali lagi, saya hanya membukakan pintu. Keberhasilan mereka di Bahrain nantinya ditentukan pemain sendiri," ucap Rudy.

Siapa berminat menerima tawaran Rudy Eka Priyambada dan mengikuti jejak Ryuji Utomo?