Pengusaha Konstruksi Berharap Pemerintah Utamakan Kontraktor Lokal

Askonas.jpg
(Mala)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pengusaha konstruksi masih banyak yang bergantung pada sektor pemerintah. Hal tersebut menyebabkan proyek dari pemerintah menjadi rebutan. Untuk itu, Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) membuktikan bahwa kontraktor yang tergabung dalam komunitas ini layak untuk mendapatkan proyek tersebut.

Askonas merupakan pengusaha kontruksi yang mengedepankan prestasi dan kualitas diri. Apalagi, Askonas merupakan asosiasi nomor 3 terbaik yang lolos sertifikasi kementerian.

Hal tersebut mengemuka dalam kegiatan buka bersama DPD Askonas Riau yang bertajuk “Bersihkan Hati, Bersihkan Diri, Membangun Negeri” di Hotel Furaya Pekanbaru, Kamis 30 Mei 2019. Dalam kesempatan itu, Ketua DPD Askonas Riau, Ilmiyawan menyebutkan selama ini kondisi kontraktor di daerah banyak yang mengeluh. Sebab, pemerintah cenderung mengutamakan kontraktor luar daripada lokal.

“Harapannya di tahun politik ini, pemerintah Riau lebih memperhatikan dan mendahulukan kontraktor lokal. Askonas sendiri dapat menunjukkan sikap yang baik dengan mengendepankan transparansi baik eksternal ataupun internal agar pemerintah akan memperhatikan anggota Askonas. Askonas akan terus menjalin komunikasi baik dengan pemerintah untuk mendapatkan informasi-informasi terkait proyek di Riau,” kata Ilmiyawan.

Disampaikan Ilmiyawan, saat ini proses lelang di Riau belum semuanya berjalan. Meski demikian, Askonas menampik adanya pengaruh pergantian pemimpin.

“Pergantian pemimpin tidak akan berpengaruh apa-apa. Kami akan terus dan tetap bersinergi terhadap pemerintah. Siapapun itu,” sebutnya. (Mala)