Satgas Pangan Jamin Ketersediaan Sembako di Riau Aman Hingga Lebaran

satgas-pangan-riau.jpg
(ist)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Satuan tugas pangan Kepolisian Daerah Riau memastikan ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) aman selama Ramadhan hingga lebaran 1440 Hijriah

"Untuk ketersediaan sudah memadai, diprediksikan untuk kebutuhan masyarakat sampai lebaran masih sangat cukup," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Pol Gideon Arif Setiawan, Jumat, 5 Mei 2019.

Satgas Pangan menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah sentra Sembako di Kota Pekanbaru. Diantaranya pasar induk sementara yang berlokasi di terminal bus Bandaraya Payung Sekaki Pekanbaru.

Dari kegiatan pengamatan langsung itu, dia mengatakan harga bahan dapur cenderung stabil. Terutama harga bawang putih yang beberapa waktu lalu sempat melonjak tajam hingga mencapai Rp45.000 perkilogram, saat ini turun Rp40.000.

Menurut dia, penurunan harga bawang putih tersebut dampak dari perbaikan pasokan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

"Bawang putih juga memadai. Sampai lebaran prediksi kita masih cukup. Sekarang Rp39.000-Rp40.000. Artinya sudah ada perbaikan supply untuk menuhi kebutuhan pasar," jelasnya.

Selain bawang putih, Gideon juga memastikan persediaan bahan pangan lainnya seperti bawang merah, cabai dan lainnya di Pasar memiliki suplai yang cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan bahan pangan pokok menjelang lebaran mendatang.

"Dari yang terpantau di pasar AKAP ini, cabai ini sangat dekat dengan kebutuhan masyarakat di Riau ini masih sangat toleran harganya masih stabil dan ketersediaannya juga masih sangat baik," lanjutnya.