Yuk Intip Seperti Apa Pencapaian Laba PT XL Axiata Tbk

XL-Axiata-RUPS.jpg
(Istimewa/ XL Axiata)

 

RIAU ONLINE - PT XL Axiata Tbk mencatat bahwa telah terjadi pertumbuhan pendapatan sebesar 0,4 persen lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu.

Kabar gembira ini langsung disampaikan oleh Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini ditengah penyampaian laporan tahunan direksi perseroan dan laporan keuangan tahun 2018.

" XL Axiata berhasil pencapaian kinerja positif, melampaui pencapaian secara rata-rata industri telekomunikasi Indonesia. Kami mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 0,4 persen lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu," katanya melalui rilis, Senin, 30 April 2019.

Pertumbuhan ini didorong oleh pendapatan dari layanan data yang meningkat 13 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

Peningkatan ini memperbesar kontribusi pendapatan layanan data pada total pendapatan perusahaan menjadi 80 persen di tahun 2018, meningkat dari 69 persen di tahun sebelumnya.

Peningkatan pendapatan tersebut tidak hanya lebih tinggi dari perolehan industri, namun juga mampu menutup dampak negatif dari penurunan pendapatan layanan tradisional voice dan SMS.

Pencapaian ini juga merupakan prestasi tersendiri karena operator lain merasakan dampak yang lebih berat dari penurunan kinerja kedua layanan warisan masa lalu tersebut.

Hingga tutup tahun 2018, EBITDA mengalami peningkatan sebesar 2 persen YoY, dengan margin naik 1 ppt menjadi 37,0 persen.

" Capaian ini terutama terdorong oleh peningkatan pendapatan dan lebih berfokusnya perusahaan pada efisiensi biaya," jelasnya.