Aktual, Independen dan Terpercaya


APR Tingkatkan Kompetensi Lulusan SMA Dan SMK di Riau

RAPP-Magang.jpg
(Istimewa/ External Communication PT RAPP)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Demi meningkatkan mutu siswa di Riau, PT Asia Pasific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci mengunda pelajar dari SMA dan SMK melakukan program magang kerja.

Direktur APR, Basrie Kamba mengatakan bahwa upaya ini merupakan bentuk kepedulian mereka untuk meningkatkan kompetensi siswa.

"Kami siap membantu dan menjembatani kebutuhan para lulusan SMA maupun SMK untuk meningkatkan kompetensinya melalui program magang ini," sebutnya melalui rilis, Sabtu, 27 April 2019.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan, Abdul Rahman mengapreasiasi inisiatif yang dilakukan oleh APR.

Ia menyatakan program tersebut sangat membantu pemerintah untuk meningkatkan kompetensi para lulusan SMA dan SMK sehingga dapat berkompetesi secara global.

Selain itu, Program Magang Perusahaan ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2016

“Saya melihat kepedulian dari APR ini dapat terus berlangsung, mengingat dengan semakin berkembangnya perusahaan juga menuntut kebutuhan tenaga kerja dengan skill yang sesuai dengan kebutuhan industri,” ujar Abdul Rahman.

Sementar itu salah satu peserta program magang, Eko Suwanto mengaku terbantu dalam mengikuti program ini. Pasalnya, sebagai putra daerah dirinya bisa memperoleh tambahan pelatihan yang tidak didapat di bangku sekolah.

“Sangat terbantu, kan ini suatu hal yang baru, dan bisa menjadi modal bagi saya untuk menapaki dunia kerja sesungguhnya kelak,” ujar Arifin.

Pemagangan adalah bagian dari sistem Pelatihan Kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan dengan bekerja secara langsung dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman.

Selama magang para peserta akan memperoleh fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja, memperoleh uang saku.

Terdiri dari transportasi, uang makan, memperoleh perlindungan dalam bentuk jaminan kecelakaan kerja dan kematian serta memperoleh sertifikat.