Aktual, Independen dan Terpercaya


XL Axiata Bantu Wujudkan Daya Saing UKM Dengan Transformasi Digital

XL-UKM.jpg
(Istimewa/ XL Axiata)

 

RIAU ONLINE - Sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan daya saing UKM Indonesia di masa yang akan datang, XL Axiata menyelenggarakan Mekari Conference bersama penyedia platform bisnis berbasis cloud, Mekari.

Konferensi untuk UKM di Indonesia yang bertempat di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka bertemakan Powering Indonesia SMEs with Technology.

" Acara ini didukung penuh oleh Bank Mandiri dan XL Axiata bertujuan untuk mendorong adopsi teknologi digital bagi UKM di Indonesia," sebut CEO Mekari, Suwandi Soh melalui rilis, Kamis, 25 April 2019.

Sektor usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia dianggap memegang peranan penting pada perekonomian negara.

Menurut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dalam lima tahun terakhir ini, kontribusi sektor usaha UMKM terhadap produk domestik bruto meningkat menjadi 60.34 persen dari jumlah sebelumnya yaitu sekitar 57.84 persen.

“Kami percaya bahwa setiap bisnis UKM memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk tumbuh. Namun, di era digital saat ini maupun masa depan, literasi dan tingkat adopsi teknologi yang akan menjadi penentu seberapa jauh bisnis dapat melangkah," imbuhnya.

Sementara itu, Senior Vice President Retail Deposit Product and Solution Bank Mandiri, Muhamad Gumilang, mengatakan hingga Desember 2018 mereka telah menyalurkan pembiayaan kepada lebih dari 27 ribu nasabah UKM dengan nilai mencapai Rp 55 triliun.

" Bank Mandiri melihat keberadaan Mekari Conference ini sangat positif untuk meningkatkan pemahaman pelaku UKM,” jelas Gumilang.