Aktual, Independen dan Terpercaya


Hadirkan New Carry Pick Up, Suzuki Jawab Kebutuhan Pelanggan

Pickup-suziki.jpg
(Mala)

Laporan: FATMA KUMALA

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Suzuki New Carry Pick Up akhirnya meluncur di Pekanbaru. PT Sejahtera Buana Trada (SBT) hari ini resmi memperkenalkan produk pick up Carry teranyar sebagai kendaraan niaga yang melegenda dan tetap eksis hingga kini.

Suzuki New Carry Pick Up memiliki tampilan dengan desain baru yang lebih modis dan kokoh. Peresmian ini berlangsung di showroom PT SBT Jalan SM Amin, Kamis 25 April 2019.

Menurut Kawil Suzuki SBT Riau, Wahyu Sudrajat, kehadiran New Carry Pick Up adalah untuk menjawab semua kebutuhan pelanggan. Seperti memperbaharui ukuran dan kapasitas New Carry Pick Up menjadi lebih besar dari dua jenis pikap Carry pendahulunya, yaitu Suzuki Carry Futura dan Mega Carry yang menggunakan basis Suzuki APV.

“Suzuki New Carry Pick Up yang sebelumnya tak lagi kami produksi. Kami ganti dengan generasi baru. Karena di New Carry Pick Up telah disempurnakan dengan menggabungkan unsur kedua pendahulunya, baik tampilan maupun spesifikasinya,” sebut Wahyu.

Selain memiliki postur yang kokoh, besar, dan panjang, Suzuki New Carry pick up juga lebih modern dengan memadukan teknologi dan kenyamanan penggunanya. Tak heran, jika Wahyu memasang angka capaian target yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

“Kalau kita lihat, target riau pada 2018 mencapai 55 persen market share-nya. Dengan adanya generasi baru pick up ini target kami mencapai 70 persen di 2019. Sementara untuk target penjualan di 2019 kami targetkan 170 unit per bulan, juga meningkat dari sebelumnya di 125 unit perbulan. New Carry Pick Up ini akan jadi rajanya Pick Up 2019,” pungkasnya.

Terget tersebut, kata Wahyu, bukan tanpa alasan. Alasan utama adalah semua kebutuhan pelanggan sudah terpenuhi dalam New Carry Pick Up. Apalagi menurut Wahyu, mobil ini sangat cocok untuk masyarakat Riau yang masih memiliki kebun sangat luas. Berkaca dari pengalaman, 40 persen dari total pembelian pick up Suzuki berasal dari sektor perkebunan. Selebihnya niaga dan sektor lain.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director PT SIS, Hideaki Takuda yang kemudian diterjemahkan oleh Sales Manager PT SIS Dandi Al Zuhri, menyebutkan bahwa selama ini Carry Pick Up telah berkontribusi dalam mendistribusikan beragam komoditas penting ke seluruh pelosok Indonesia. Untuk itu ia berharap dengan hadirnya New Carry Pick Up di Pekanbaru dapat mendorong dan mengoptimalkan kegiatan niaga sehingga semakin menguntungkan bagi para pengusaha.

“Yang terbaru ini sudah menggunakan power steering elektrik sehingga lebih nyaman dikendarai. Kapasitas lebih besar dari Carry Pick Up sebelumnya dengan kapasitas 1500 cc di-combain mesin Ertiga,” terangnya.

Sebagai informasi, Suzuki New Carry Pick-Up hadir dengan desain yang benar-benar baru dan dimensi yang lebih besar dibandingkan versi sebelumnya. Memiliki panjang 4.195 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.910 mm, mobil ini mampu membawa muatan lebih banyak.

Penggunaan mesin terbaru K15B-C pun membuat konsumsi bahan bakar lebih irit sekitar 15% dibandingkan mesin 1,5 liter yang sebelumnya dipakai. Namun, hal ini tergantung pada kondisi dan penggunaan. Selain itu, Suzuki New Carry Pick-Up memiliki radius putar sebesar 4,4 m sehingga memudahkan pengemudi saat harus bermanuver.

Masuk ke sisi dalam, terlihat bahwa mobil ini juga jauh berbeda dengan pendahulunya. Interior mobil ini terlihat praktikal, dengan 3 buah bentuk kotak di dashboard yang adalah panel instrumen, head unit, dan ruang penyimpanan terbuka.

Secara kelengkapan, mobil ini mendapatkan beberapa fitur standar seperti Air Conditioner (AC), Electric Power Steering (EPS), dan Sliding Seat pada varian tertinggi.

Selain itu, terdapat Head Unit 1 Din, Split Seat dengan jok yang tebal, serta 6 tempat penyimpanan barang (termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok) di varian AC dan 10 tempat (termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok) di varian non-AC.

Soal keamanannya, di Suzuki New Carry Pick Up juga disematkan fitur Immobilizer. Selanjutnya, sebagai sebuah kendaraan komersial, apalagi pick up, tentunya aspek yang penting adalah bak yang ada di sisi belakang.

Di bagian bak, mobil ini memiliki ruang yang luas dengan panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm sehingga mampu mengangkut muatan seberat 1 ton. Agar muatan tetap aman selama perjalanan, pelanggan dapat memanfaatkan pengait yang ada di sekeliling bak untuk mengikatkan barang. Pengait berjumlah 12 pada tipe FD (Flat Deck) dan 22 pada tipe WD (Wide Deck).

Bukan itu saja, handle gigi dilektakkan di dashboard agar lebih mudah dikendarai dan memberi keluasan pengemudi serta penumpang di sebelahnya.