Aktual, Independen dan Terpercaya


Tiket Pekanbaru-Jakarta Selangit, Pemprov Riau Anggap Belum Berdampak

Pesawat-Citilink.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tingginya harga tikte pesawat terbang dari Pekanbaru menuju Jakarta menembus angka Rp 1 juta per orang, membuat resah dan gelisah warga Riau hendak bepergian bukan untuk urusan dinas, melainkan pribadi. 

Kondisi tingginya harga tiket di atas Rp 1 juta ini sudah terjadi sejak awal Desember 2018 silam. Biasanya ukuran Lion Air sebagai maskapai berbiaya murah usai Natal dan Tahun Baru turun di angka Rp 500 hingga 750 ribu, kini sudah Rp 1,2 juta per kursi. 

Asisten II Setdaprov Riau Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Masperi membenarkan, mereka belum mengambil langkah atas kejadian ini. 

"Untuk saat ini kita belum mengambil langkah. Seperti menyurati maskapai. Belum. Meskipun harga tiket sudah naik," kata Masperi, Sabtu, 12 Januari 2019.

Padahal, kenaikan harga tiket tersebut menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Riau menjadi penyumbang inflasi di Riau pada Desember 2018. 

Selain tingginya harga tiket pesawat, komunikasi dan jasa komunikasi juga terlibat membuat Riau inflasi. Saat itu, Riau mengalami inflasi sebesar 0,23 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 136,69. 

Alasan Pemda belum mengambil langkah karena tingginya harga ini, karena belum berdampak signifikan dan masih berada dalam batas ambang kewajaran. 

"Ini karena pengaruhnya juga belum nampak. Tapi kalau benar-benar membutuhkan. Mengapa tidak," jelasnya. 

Dari beberapa penyedia tiket penerbangan online. Untuk harga dari Pekanbaru menuju Jakarta kelas ekonomi, dibanderol dengan harga diatas Rp. 1 juta yang biasanya berkisar antara Rp. 800-Rp.900 ribu. 
 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id