Aktual, Independen dan Terpercaya


Asita Riau Tolak Kebijakan Nol Komisi Garuda Indonesia

Pesawat-Garuda-Indonesia-Airways.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penolakan demi penolakan terjadi atas kebijakan maskapai Garuda Indonesia yang menerapkan zero commission (nol komisi). Terutama kepada biro perjalanan yang hanya melakukan top up atau deposit di bawah angka Rp 10 Juta.

Salah satunya penolakan dari Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau.

"Kita sudah jelas tidak mendukung wacana seperti itu," kata Ketua ASITA Riau, Dede Firmansyah, Jumat, 11 Januari 2019.

Bukan tanpa sebab. Mereka menganggap kebijakan itu akan dapat merugikan para pemilik biro perjalanan. Apalagi bagi biro yang belum memiliki pangsa pasar yang besar di tanah air terutama di Riau.

"Sangat jelas bahwa kebijakan itu sangat merugikan kami (biro perjalanan). Jangan sampai ada zero commission. Itu sangat berpengaruh dengan rekan-rekan kita," gelisahnya kembali.

Meskipun diakuinya pengembangan bisnis terus saja terjadi, namun penerapan kebijakan seperti ini belum tepat. Sebab, banyak para pengusaha yang masih memanfaatkan sektor ini terutama untuk meningkatkan laba dari segi penjualan tiket.

"Memang kita akui bahwa untuk bisnis seperti ini terus berkembang. Tetapi perusahaan yang bermain di penjualan tiket juga masih banyak. Artinya kalau ini ditetapkan, travel agent tidak mendapat keuntungan lagi,"imbuhnya.

Asita Riau telah melakukan pertemuan untuk menolak keputusan tersebut.Namun sayangnya, pertemuan itu tidak menghasilkan apa-apa.

"Kita di awal Januari sudah bertemu dengan Garuda Indonesia bersama DPP Asita di Jakarta. Tetapi belum ada kata sepakat," jelasnya.

"Tapi akan ada pertemuan lagi. Rencananya akan dilakukan kembali dalam pekan ini," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id