Aktual, Independen dan Terpercaya


KSEI dan BEI Sosialisasikan Manfaat AKSes ke Investor di Riau

Sosialiasi-AKSes-di-Pekanbaru.jpg
(Istimewa)

Laporan: FATMA KUMALA

RIAUONLINE, PEKANBARU - Untuk membantu investor memantau portofolio investasinya, PT Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI) bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEl) menyediakan fasilitas Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes).

AKSes merupakan fasilitas perlindungan bagi investor Pasar Modal Indonesia. Namun sayangnya, belum banyak investor yang memanfaatkannya. Dalam catatan KSEI, saat ini jumlah investor yang memanfaatkan fasilitas AKSes masih sekitar 11%.

Atas data tersebut, KSEI bersama BEI merasa perlu melakukan rangkaian kegiatan sosialisasi pemanfaatan AKSes, khususnya di Riau.

Provinsi ini dipilih dikarenakan menempati urutan ke-9 jumlah investor terbanyak dari 34 provinsi di Indonesia, dengan jumlah investor sebanyak 14.582.

"Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 8.151 investor yang berdomisili di Kota Pekanbaru atau yang terbesar di Riau," kata Kepala Unit Pengelolaan Rekening Efek KSEI, Mohammad Awaluddin kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat 6 Desember 2018.

Menariknya, saat ini KSEI tengah mengembangkan fasilitas AKSes menjadi AKSes Next Generation (AKSes Next-G) dengan fitur-fitur yang semakin menarik dan semakin mudah digunakan.

"Nantinya yang dapat memanfaatkan fasilitas AKSes Next-G tidak hanya investor tapi juga Perusahaan Efek, Bank Kustodian, bahkan masyarakat umum. Hal ini memungkinkan karena KSEI sudah bekerjasaman dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri untuk memanfaatkan data kependudukan untuk layanan di pasar modal. Sehingga nanti untuk menggunakan fasilitas AKSes Next-G cukup dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan saja," jelasnya saat konferensi pers dalam rangkaian kegiatan sosialisasi fasilitas AKSes.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah edukasi di Universitas Islam Negeri Suska Riau, investor gathering dan juga Media Luncheon yang digelar di salah satu rumah makan di Pekanbaru. Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan fasilitas AKSes serta memberikan informasi terbaru tentang pengembangan infrastruktur yang tengah dilakukan KSEI.

"Sosialisasi dan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran investor untuk senantiasa memanfaatkan fasilitas AKSes untuk mencegah penyalahgunaan wewenang dari pihak yang tidak bertanggung jawab," pungkasnya.

"Jadi, ibaratnya investor itu memiliki akses langsung untuk melihat investasinya di sistem kami," sambungnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id