Warung Kecil di Dumai Diajak Melek Perubahan Perilaku Konsumen dan Teknologi

Pelatihan-Manajemen-Ritel-oleh-Alfamart.jpg
(ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola jaringan Alfamart, membantu usaha mikro masyarakat melalui pelatihan manajemen eceren untuk membuka wawasan terkait prilaku perubahan konsumen.

Atas perubahan perilaku konsumen tersebut, para pelaku usaha harus segera mengantisipasi untuk mengakomidirnya. Sebut saja, terkait penataan layout barang dagangan yang harus bisa sesuaikan dengan selera konsumen agar menarik sehingga barang dagangan bisa laku diminati dan dibeli konsumen.

Sementara itu, layanan program mengajak pelaku usaha mikro kecil (UMK) untuk memanfaatkan teknologi digital caranya dengan unduh di Play Store dan memberikan kemudahan bagi pemilik warung untuk memesan barang yang diinginkan dan bantuan modal. Kucuran modal ini disupport oleh Toko Modal, yakni PT Toko Modal Mitra Usaha bekerjasama dengan pemilik warung kecil yang sudah menjadi mitra Alfa Mikro, program pemberdayaan warung milik Alfamart.

"Aplikasi Alfa Mikro sederhana dan sudah sangat mempermudah pemilik warung yang jadi member kami. Kini semakin dipermudah dengan support pinjaman modal dari Toko Modal. Pesan dulu semua barangnya, bayar belakangan," tutur Regional Corporate Communication Manager Alfamart Firly Firlandi, di sela-sela pelatihan manajemen ritel bagi pedangang eceran UMK di Kota Dumai, Kamis (29/11).

Mengusung tagline "Sahabat Usaha Mikro untuk Rakyat", Alfa Mikro dan Toko Modal memastikan banyak keuntungan bagi pemilik warung yang bergabung menjadi mitra. "Artinya, ada jeda waktu untuk memutarkan barang dagangan. Sangat cocok untuk membantu usaha mikro," tambah Firly.

Bayu, salah seorang peserta pelatihan yang juga pedagang eceran mitra binaan di Dumai, mengaku terkesan dengan program pelatihan ini. Selain mendapatkan pengetahuan seputar tata kelola dagangan, juga diajak melek informasi Melalui aplikasi besutan Alfamart dan bantuan permodalan yang disediakan Toko Modal, akan sangat membantu untuk usahanya.

Syarat bagi pemilik warung yang ingin bergabung menjadi member sangat mudah. Keuntungannya, memesan barang mudah dan cepat, pendanaan eksklusif dengan biaya terjangkau dan pembayaran tagihan mudah di toko Alfamart.

Sementara itu, dalam sesi pelatihan manajemen ritel tersebut, peserta yang umumnya adalah pedagang eceran mendapatkan pengetahuan materi terkait teknik menata barang, pengetahuan produk, cash flow, hingga melayani konsumen.

Hingga kini, program warung mitra binaan Alfamart telah diaplikasikan di berbagai kota, termasuk di Kota Dumai dengan 200 warung binaan.