Aktual, Independen dan Terpercaya


Bermitra dengan Alfamart, Warung Tradisional Gusri Semakin Berkibar

Warung-binaan-alfamartf.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bagi Gusri Nengsih (34), usaha warung eceran merupakan usaha yang berprospek. Terbukti, sejak dirintis bersama sang suami sekitar empat tahun silam, warung miliknya eksis dan berkembang.

Bermitra dengan Alfamart sebagai pedagang eceran binaan perusahaan tersebut, menambah berkibar, usaha yang dilakoninya.

Warung eceran yang dikelola Gusri berada di wilayah Jalan Beringin Air Hitam, Tampan, Pekanbaru ini bisa sangat menjanjikan dengan tata kelola dengan baik.

“Agar dapat dikelola dengan baik, kita harus bisa memperhatikan beberapa hal. Menurut saya yang paling harus dijaga adalah memastikan barang jangan sampai kosong,” terangnya.

Warung dikelola Gusri menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga.

“Warung yang saya kelola menjual kebutuhan rumah tangga. Saya melihat, warung eceran merupakan salah usaha yang sifatnya langgeng karena menjual kebutuhan dasar yang digunakan terus-menerus,” ucapnya.

Menurut Ibu satu anak ini, jika warungnya kekurangan barang produk hal tersebut otomatis menyebabkan pendapatannya berkurang.

“Kalau ada barang yang kosong pasti pendapatannya turun. Maka-nya untuk produk-produk yang peminatnya banyak, kita harus siapkan stoknya mencukupi, terutama pada tanggal-tanggal ramai pembeli,” lanjutnya.

Gusri menuturkan memilih barang dagangan yang berkualitas dan konsistensi ketersediaan barang merupakan salah satu cara untuk membantu keragaman barang dan menjaga kestabilan stok barang.

Kondisi tersebut, mendorongnya untuk bermitra menjadi Outlet Binaan Alfamart (OBA) yang menyediakan layanan ketersediaan barang bagi warung eceran.

“Sejak empat tahun lalu, saya bergabung dalam kemitraan bersama Alfamart,” akunya.

Kemitraannya dengan Alfamart dapat menjadi salah satu alternatif dalam memenuhi kebutuhan barang di warungnya.

"Memang tidak semua saya pesan melalui Alfamart, karena saya juga belanja di tempat lain. Tapi layanan antar dari petugasnya sangat membantu saya,” tutur Gusri yang sudah mendapatkan pendampingan dari Alfamart berupa pelatihan manajemen ritel.

Selain itu, kata Gusri petugas dari program OBA ini juga sering menginformasikan jenis produk yang tengah diminati pasar.

“Informasi produk baru atau produk apa saja yang laku di masyarakat dibutuhkan pemilik warung seperti saya, agar warung kita tambah lengkap, kalau pembeli mencari barang, kita sudah punya,” jelasnya.