Mengenal Aerofood, Penyedia Catering Maskapai Garuda

aorofood.jpg
(Mala)

Laporan: FATMA KUMALA

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jika anda pelanggan maskapai Garuda Indonesia, tentu sudah terbiasa dengan sajian makanan yang disiapkan untuk anda santap dalam perjalanan lintas udara. Makanan yang tersaji rapi dan dijamin kualitas kebersihannya tersebut diproduksi oleh PT. Aerofood Indonesia.

“Kami menjamin kebersihan makanan yang dihidangkan ke pelanggan. Mulai dari produksi dan penyajian, setiap tahap kami jaga kualitas dan kebersihannya,” kata Executive Manager PT. Aerofood Indonesia, Deni Dananjaya, Rabu 15 Agustus 2018.

PT. Aerofood Indonesia-Pekanbaru merupakan cabang ke tujuh dari 9 unit yang tersebar di Indonesia. Dengan total karyawan sebanyak 63 orang, Aerofood Pekanbaru mamproduksi makanan sebanyak 900 pacs setiap harinya. Padahal diakui Deni, Aerofood masih sanggup memproduksi sebanyak 3000 pacs per hari.


 “Kami ini 100 persen milik Garuda Indonesia. Di manapun Garuda Indonesia ada, kami pun di sana. Untuk Pekanbaru, kami baru punya 6 flight per hari sehingga kebutuhan makanannya itu sebanyak 900 pacs. Sebenarnya kami mampu sampai 3000 pacs,” jelasnya.

Proses penyajian makanan di sini tak jauh berbeda dari memasak di rumah. Hanya saja, jika masakan rumah disajikan selagi panas, makanan di Aerofood langsung diturunkan suhunya hingga 0 derajat celcius. Hal ini sebagai upaya untuk menjaga kualitas makanan. Suhu ruangan biasa akan membuat makanan mudah terkontaminasi bakteri.

“Suhunya diturunkan 0 derajat, sampai di kabin dipanaskan kembali lebih kurang 15 menit. Sebelum 3 jam pesawat berangkat harus sudah masuk chiller. Kemudian, setengah jam sebelum landing, sudah dibawa ke highlift truck,” ucapnya.

Diakui Deni, rasa makanan di atas memang terasa lebih “anyep”. Hal itu karena pada proses pembuatan, perasa garam tidak begitu ditonjolkan. Pendinginan suhu hingga pemanasan kembali akan membuat rasa asin berlebihan jika di awal pembuatan perasa garam ditonjolkan.

“Memang agak berbeda rasanya karena garam dan paper dipisah. Kalau langsung diberi garam, takutnya justru rasa asinnya dominan karena proses pemanasan kembali,” sebutnya.

Saat ini Aerofood Pekanbaru tak hanya melayani catering pesawat saja, Garuda Indonesa ataupun Citilink. Namun Aerofood juga bisa melayani catering untuk rumah sakit, hotel dan acara lainnya.

“Kami sedang coba juga untuk menawarkan pastry untuk hotel-hotel di Pekanbaru,” tutupnya.