KPK dan Kapolda Riau Puji Inovasi Bank Riau Kepri Berupa e-Samsat

Penekaan-Tombol-Launching-e-Samsat.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kepala Polda (Kapolda) Riau, Irjen Pol Nandang, tanpa sungkan memuji terobosan inovasi yang dilakukan Bank Riau Kepri (BRK).

Pujian tersebut disampaikan dua lembaga penegak hukum tersebut di depan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau, Siti Astiyah, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau, Yusri, serta pejabat teras Pemerintab Provinsi Riau lainnya.

Dua lembaga penegak hukum ini memuji Bank Riau Kepri telah mampu melakukan inovasi dalam pelayanan berupa pembayaran pajak kendaraan yang ada di Provinsi Riau.

Baca Juga:

Kini, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Di ATM Bank Riau Kepri 

Melalui Bank Riau Kepri, E-Samsat Segera Diluncurkan Di Riau

"Kita apresiasi inovasi dilakukan Bank Riau Kepri ini. E-Samsat ini mencegah terjadinya kebocoran anggaran dan tidak ada lagi celah ke sana. Sehingga pendaparan negara masuk dan tepat sasaran," kata Koordinator Wilayah II SUmatera Korsup Pencegahan KPK, Adlinsyah M Nasution.

Coki, demikian ia akrab dipanggil mengatakan, KPK terlibat sejak awal dalam perencanan hingga terwujudnya inovasi e-Samsat. Ditambah lagi, tuturnya, pelayanan pembayaran pajak kendaraan cukup dengan mengunduh (Download) aplikasi e-Samsat di PlayStore secara gratis.

"Ini jelas mengurangi bahkan menghilangkan pungutan liar, calo-calo yang selama ini memanfaatkan celah tersebut. Tentu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Riau tumbuh dan meningkat," harapnya.

Coki berharap aplikasi e samsat ini kedepannya juga dapat digunakan melalui m-Banking Bank Riau Kepri. Sehingga seluruh masyarakat Riau dapat membayar pajak kendaraannya dimana saja.

 

Sementara itu, Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang, mengatakan, e-Samsat merupakan langkah cerdas dan perwujudan dari Nawacita Presiden RI Joko Widodo harus didukung bersama.

"Program ini terobosan sangat bagus dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tuturnya.

Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim menyambut baik pemanfaatan aplikasi e-Samsat Riau ini. Ia menjelaskan program ini dapat mengurangi rumitnya birokrasi, dalam hal pembayaran pajak.

Ia menceritakan, tahun 1983 ia berangkat ke Semarang, Jawa Tengah. Di sinilah, pertama kali penerapan Samsat kendaraan. "Akhirnya, apa yang saya impikan terwujud. Ingatan saya ke tahun 1983, pertama kali penerapan e-Samsat, saya pegang Samsat Tiket di Tanjung pinang, mula-mula berlaku di Riau," kata mantan Bupati Rokan Hilir ini.

Klik Juga: 

E-Samsat Resmi Diluncurkan, Tidak Ada Alasan Tak Bayar Pajak Kendaraan Di Riau

Ia menceritakan, saat di Bengkalis, masih kelola Samsat, harus masuk keluar pulau-pulau di kabupaten tersebut. "Saat pulang, uang (pembayaran Samsat) sudah mencair, karena lamanya," kata Wan Thamrin lalu diiringi tawa yang hadir di Gedung Balai Dang Merdu Lantai IV tersebut.

Plt Gubernur Riau ini menjelaskan, dengan aplikasi ini pelayanan pembayaran pajak oleh masyarakat semakin mudah, cepat dan praktis. Dalam hal ini, tuturnya, KPK RI turut serta mengawal langsung proses launching program e-Samsat Provinsi Riau ini.

Program ini merupakan sebuah perangkat lunak dibangun dengan tujuan mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran paja kendaraan melalui ATM Bank Riau Kepri.

Sementara itu, Dirut BRK DR. Irvandi Gustari menyambutkan baik kerjasama dilakukan Pemprov Riau, Polda Riau dan Jasa Raharja Cabang Riau serta Bank Riau Kepri sendiri.

"Secara sistem Bank Riau Kepri telah memiliki teknologi mumpuni, dari SDM, sistem jaringan, serta jaringan kantor telah disiapkan untuk program ini," kata Irvandi menampik kekhawatiran kemampuan bank kebanggan masyarakat Riau dan Kepri tersebut.

Istimewanya program e-samsat ini dapat diunduh langsung melalui playstore pada Android. Ini pertamakalinya dilakukan BPD se-Indonesia. Selain itu program e-samsat dimiliki bank berlogo tiga layar terkembang ini terintegrasi secara online untuk seluruh wilayah Riau.

Tak hanya berhenti di sana saja, Insya Allah dalam 2 bulan kedepan, pembayaran pajak kendaraan bermotor di Riau sudah bisa melalui mobile banking. Ini pertama kalinya berlaku di seluruh BPD se-Indonesia.

Dengan resminya e-Samsat Riau ini, maka pajak kendaraan bisa dibayarkan melalui ATM Bank Riau Riau serta semua kantor jaringan Bank Riau Kepri, termasuk hari Sabtu dan Minggu bisa dilakukan pada butik-butik Bank Riau Kepri.

Dengam demikian, tutur Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau, Indra, tidak ada alasan lagi bagi pemilik kendaraan untuk menunda atau tidak bayar pajak kendaraan bermotor mereka. "Pelayanan prima telah tersedia," tutur Indra.

Dalam peluncuran (Launching) e-Samsat ini, juga hadir Kepala BPKP Riau, Dikdik Sadikin, Kepala OJK Riau, Yusri, Kepala BI Perwakilan Riau Siti Astiyah, Dirlantas Poda Riau Kombes Pol Rudy Syarifudin dan Komisaris Utama Bank Riau Kepri, Raja Mambang Mit dan Komisaris Independen Taufiqurrahman, Direktur Operasional BRK Denny M Akbar, dan Deputi Pencegahan KPK RI, Junet Junaidi.