Triwulan I 2018, Indeks Tendensi Konsumen Riau Turun

ilustrasi-itk.jpg
(INTERNET)

LAPORAN: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Triwulan I 2018 status Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Riau mengalami penurunan jika dibanding triwulan sebelumnya dari 104, 80 menjadi 98,16. Angka ini sekaligus menunjukkan konsumen relatif pesimis menghadapi perekonomian Riau. Persepsi ini tidak sebaik kondisi ekonomi nasional sebesar 103,73.

"Kondisi ekonomi konsumen menurun dibandingkan dengan kondisi triwulan sebelumnya disebabkan oleh pendapatan rumah tangga kini 95,53, pengaruh inflasi terhadap tingkat konsumsi 99,35. Sedangkan variabel tingkat konsumsi makanan dan bukan makanan masih optimis sebesar 102,91,” kata Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Riau, Joni Kasmuri.

Kemudian, ITK Provinsi Riau pada Triwulan II-2018 diperkirakan sebesar 105,93, artinya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan yang akan datang diperkirakan optimis, mengalami peningkatan jika dibandingkan triwulan I-2018. Salah satu variabel dalam pembentukan perkiraan ITK mendatang adalah rencana pembelian barang tahan lama, rekreasi dan pesta/hajatan yang mendapat nilai indeks sebesar 100,25.

Nilai indeks tersebut mencerminkan bahwa rata-rata konsumen optimis adanya peningkatan rencana pembelian barang tahan lama.

“Informasi dini pelaku konsumsi terhadap situasi perekonomian merupakan suatu kebutuhan penting bagi pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat karena memberi sinyal awal mengenai perkiraan kondisi perekonomian beberapa bulan mendatang. Pemerintah perlu informasi itu untuk perencanaan perekonomian, sedangkan dunia usaha untuk keperluan investasi atau ekspansi pasar," jelas Joni.