Aktual, Independen dan Terpercaya


BI Gelar Seminar Fintech dan Big Data sebagai Tren Ekonomi Digital Terkini

seminar-BI2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FATMA KUMALA)

Laporan: Fatma Kumala

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bank Indonesi (BI) wilayah Riau menggelar seminar Fintech dan Big Data sebagai Tren Ekonomi Digital Terkini. Kegiatan ini sebagai salah satu fokus BI terhadap perkembangan teknologi.

“Kegiatan ini merupakan regulator konsen BI terhadap perkembangan teknologi, terutama yang terkait dengan sistem pembayaran. Ini perlu diatur sehingga nantinya ada perlindungan terhadap konsumen,” kata Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengedaran Uang Rupiah, Syahrul Baharisyah, Rabu 4 April 2018.

Kegiatan ini merupakan kegiatan sharing informasi. Menurut Syahrul, peran BI dalam perkembangan tren ekonomi digital ini untuk menginformasikan adanya ketentuan-ketentuan terkait dengan produk-produk financial technology (fintech) sehingga dalam pelaksanaannya, masyarakat pemilik usaha yang ingin mengembangkan usaha fintech sudah mengetahui regulasinya.

Menurut Syahrul, dengan diselenggarakannya seminar ini diharapkan dapat memberi ruang bagi Penyelenggara Teknoiogi Finansial untuk memastikan lebih lanjut apakah produk, layanan, teknologi, dan model bisnisnya telah memenuhi berbagai kriteria dan regulasi yang berlaku.

"Bank Indonesia berharap ekosistensi teknologi finansial yang sehat dapat terus didorong untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan dan inklusif, dengan tetap menjaga stabilitas moneter, " lanjut Syahrul.

Sementara itu Fintech Office Bank Indonesia, Ronggo Gundala, dalam pemaparannya menyebutkan, untuk teknologi financial selalu mendorong agar ini mendorong namun untuk kehati-hatian maka BI menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No 19/12/PBI/2017, tentang fintech.

"Kita BI sebagai salah satu regulator konsen terhadap perkembangan teknologi terutama yang terkait sistem pembayaran sehingga perlu diatur terutama perlindungan terhadap konsumen,” sebutnya.

Untuk diketahui, dalam seminar ini BI menghadirkan empat narasumber diantaranya Fintech Office Bank Indonesia, Ronggo Gundala, Kasubbag Group lnovasi Keuangan Digital OJK, Yudha Felix Arnold, Co-founder dan CEO Fiip.id, Rafi Putra Arrayan, serta Analis Big Data PT Mil M. Rudi Kurniawan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id