Jaringan Saat Natal. Trafik Data XL Axiata Naik 146 Persen

Jaringan-XL.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Trafik layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) Hari Raya Natal mengalami peningkatan, melebihi trafik di hari biasa. Peningkatan trafik data terlihat terjadi di sepanjang 3 hari sebelum Natal, 25 Desember 2017, hingga 2 hari setelahnya.

Selama 5 hari tersebut, trafik data secara rata-rata meningkat lebih dari 5 persen dari hari-hari biasa dan paling tinggi kenaikannya adalah di tanggal 25 Desember 2017 dengan kenaikan yaitu 9 persen.

Sementara dibandingkan dengan periode Natal tahun lalu, trafik layanan data meningkat sebesar 146 persen. Akses ke layanan data dan video streaming menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut.

"Dari pemantauan kami, puncak kenaikan trafik data terjadi sejak malam Natal dan sehari setelahnya. Layanan video call memang saat ini memungkinkan dilakukan dengan kualitasyang lebih baik di lebih banyak daerah karena semakin luas jaringan internet cepat 4G LTE XL Axiata," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya dalam rilis kepada RIAU ONLINE, Sabtu 30 Desember 2017.

Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform naik sebesar 15 persen.


Dari ragam media sosial itu, mereka juga mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, bahkan juga melakukan belanja. Sementara itu, kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand antara lain iflix.

Sementara itu terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah Yogyakarta menyumbang kenaikan tertinggi dengan 24 persen. Untuk wilayah dengan komunitas pemeluk Nasrani lebih banyak seperti Sumatera Utara dan Sulawesi, kenaikan masing-masing mencapai 19 persen dan 7 persen.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id