Berbagi Tips sukses Jualan Online, Lazada Gelar Upgrade UKM untuk Seller Pekanbaru

Upgrade-UMKM-Lazada-di-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - Lazada, destinasi belanja online nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara, Sabtu, 7 Oktober 2017 lalu, sukses menggelar sebuah kegiatan lokakarya bagi para pelaku UMKM di Kota Pekanbaru.

Ini merupakan bagian dari rangkaian program roadshow #UpgradeUKM ke-11 kota besar seluruh Indonesia. Pekanbaru merupakan kota pertama di Riau, Sumatera, dikunjungi Tim Lazada dalam rangkaian kegiatan ini.

Sejalan dengan pesan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pentingnya peningkatan jumlah titik pusat perekonomian baru di Indonesia untuk merangsang tingkat ekonomi dan daya beli masyarakat, Lazada didukung Bekraf, meluncurkan program roadshow #UpgradeUKM awal Agustus 2017 lalu.

Bekerja sama dengan Facebook dan SiCepat, Lazada menyapa para pelaku UMKM, termasuk bergerak di bidang kreatif berbagai kota untuk berbagi ilmu dan kiat mengembangkan bisnis secara online.

Upgrade UMKM oleh Lazada di Pekanbaru

 

Program ini merupakan bagian dari inisiatif #KamuJugaBisa yang diluncurkan bulan Mei lalu guna menjembatani pengembangan potensi UMKM lokal di Indonesia.

Antusiasme dari beragam pedagang, seller, dan pengusaha UKM kreatif di Pekanbaru tampak jelas ketika menyimak rangkaian kegiatan lokakarya informatif dan edukatif mengenai tren belanja online, kiat sukses menjadi penjual online berprestasi di marketplace, tips mengembangkan bisnis dan mendorong pertumbuhan, serta berbagai macam solusi mengatasi tantangan berjualan online.

Ini menjadi semakin penting, karena Lazada Indonesia sedang giat mempersiapkan para seller-nya menghadapi kampanye belanja online nasional jatuh pada 12 Desember 2017 nanti.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Achmad Alkatiri, dalam presentasi dan diskusi membagikan beberapa poin penting agar UMKM dapat sukses.

“Memahami kebutuhan pelanggan dan kemajemukan Indonesia sebagai pasar kunci dasar mengembangkan usaha kita miliki. Kita selaku wirausahawan, dituntut terus-menerus berinovasi menghasilkan atau menghadirkan produk, serta senantiasa menjaga kualitas produk dan mutu pelayanan pelanggan dengan baik. Akhirnya, pelanggan yang puas akan merekomendasikan produk kita ke rekan dan kerabat mereka yang lainnya," tuturnya memberi tips.

Melihat besarnya potensi pasar online Indonesia, jelasnya, sudah sewajarnya UMKM berani mengembangkan bisnisnya ke ranah digital.


Bukti nyata komitmen Lazada mendukung UMKM melalui berbagai fasilitas dan fitur berjualan online tercanggih. Terlebih lagi menjelang ajang belanja online nasional, 12 Desember nanti, biasanya terjadi peningkatan tajam permintaan dari konsumen, dan para seller harus sudah siap untuk memenuhi hal tersebut.

"Ini merupakan momentum luar biasa dalam berbisnis, terutama gejolak belanja online masih terus bertumbuh, dan tingkat penetrasi masih tergolong rendah sehingga potensi untuk memaksimalkan penjualan dan promosi masih sangat tinggi,” lanjut Achmad.



Hadir menjadi narasumber lainnya di workshop #UpgradeUKM adalah Nadi Sarwedi Sitompul, pemilik Nasa Deal Indonesia di situs Lazada.

Ia membuka toko virtual di situs Lazada.co.id pada April 2017 dengan menjual berbagai aksesioris pelengkap rumah. Hanya dalam hitungan bulan, penjualan Nadi meningkat 100 persen.

Berawal dari konsumen di berbagai situs e-commerce, Nadi melihat Lazada sebagai lahan basah bagi para wirausahawan ingin mengembangkan usaha dengan cepat dan menjangkau lebih banyak konsumen.

“Mengubah pola pikir kita dari berdagang konvensional menjadi digital memang tidak mudah, tetapi Lazada, sebagai marketplace ternama di Indonesia, memberikan kesempatan dan kemudahan bagi kita berjualan online di marketplace tersebut," ujarnya.

Alasannya, karena Lazada punya fasilitas pendampingan serta berbagai solusi membantu meningkatkan angka transaksi seller.  Selain itu, fasilitas paling dihargai pelanggan dari Lazada adalah gratis ongkir dengan jumlah pembelian tertentu mereka tidak perlu khawatir.

"Biaya ongkir (Ongkos kirim) dan barang dapat mereka terima tanpa halangan dan tanpa hambatan. Terpenting alamat kirim ditulis jelas dan lengkap. Oleh karena itulah pelanggan kini menjadi semakin yakin untuk memesan produk dari saya,” ungkap Nadi.

Dalam roadshow lokakarya #UpgradeUKM di Pekanbaru, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar dari sejumlah seller berpengalaman terbukti berhasil mengembangkan usahanya di situs Lazada.

Lazada juga memaparkan rangkaian dukungan senantiasa diberikan tim manajemen bagi para seller yang baru saja bergabung dengan situs belanja online terbesar tersebut.

Roadshow ini bertujuan membantu para wirausahawan dan UKM untuk mengembangkan dan memajukan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi, khususnya bagi yang sebelumnya hanya berjualan secara offline.

Diharapkan nantinya mereka mampu menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan berdagang secara online; bagi yang semula memiliki usaha berskala kecil dapat meningkatkan kapasitas usaha menjadi menengah atau lebih besar lagi; dan tidak menutupi kemungkinan bagi yang semula usahanya hanya mencakup konsumen lokal suatu saat akan merambah pasar nasional dan global bersama Lazada. Setelah Pekanbaru, Lazada akan mengadakan lokakarya di kota Surabaya. (adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id