XL Perluas Jaringan hingga Pelosok Aceh, Kini Tak Perlu Susah Pesan Kopi Gayo Asli

Peluncuran-XL-PRIO-oleh-XL-Axiata.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -  Operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengusung misi ambisius untuk agresif memperluas jaringan 4G LTE ke berbagai daerah pelosok kabupaten dan kota di Indonesia.

Ekspansi membangun jaringan hingga ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia, termasuk sejak Mei 2017, pelanggan XL di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) bisa menikmati dan memanfaatkan jaringan internet cepat tersebut.

Hingga akhir tahun, XL Axiata mentargetkan layanan 4G LTE akan mampu masuk ke semua kabupaten dan kota di Aceh, termasuk di pulau-pulau terluar, Sabang dan Semeulue. Tidak sekadar perluasan jaringan, XL Axiata sekaligus juga membangun ekosistem layanan di setiap daerah yang dijangkau.

Baca Juga: 

Begini Cara Tingkatkan Kartu XL Lama Anda Jadi 4G

Ingin Paket Data, SMS Dan Telepon Gratis? Aktifkan XL PRIO Anda Segera

"Untuk Provinsi NAD, kami juga masih terus memperluas layanan 4G LTE hingga daerah-daerah pelosok cukup jauh, antara lain sepanjang Pantai Barat, Aceh Tengah dan Tenggara, hingga Singkil, bahkan Pulau Semeulue," tutur Direktur/Chief Service Management XL Axiata, Yessie D Yosetya, Jumat, 25 Agustus 2017, kepada RIAUONLINE.CO.ID, dalam rilisnya.  

Perluasan jaringan 4G LTE ini, tuturnya, dilakukan sebagai wujud komitmen XL Axiata mendukung pemerintah menyediakan infrastruktur telekomunikasi termasuk internet cepat di wilayah perbatasan


Ia menjelaskan, permintaan masyarakat Aceh terhadap layanan data berkualitas semakin meningkat pesat. Buktinya, pertumbuhan trafik layanan data meningkat lebih dari 238 persen dalam setahun terakhir.

Kenaikan tersebut, jelasnya, merata di semua area di Aceh. Sementara itu, pelanggan XL Axiata telah menggunakann device 4G mencapai lebih dari 16 persen dari total pelanggan di Aceh sekitar 798 ribu. 

Layanan 4G LTE XL Axiata sudah bisa dinikmati pelanggan di sejumlah kota dan kabupaten di Aceh, antara lain Kota Sabang, Banda Aceh, Kota Lhokseumawe, Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, Bener Meriah, Aceh Tenggara, dan Kabupaten Semeulue.

"Total BTS 4G sudah beroperasi ada lebih dari 60 unit. Kota Banda Aceh sebagai pusat pemerintahan, perekonomian, pendidikan, dan pintu gerbang utama NAD menjadi area dengan jumlah BTS 4G terbanyak, tidak kurang dari 33 unit," tuturnya. 

Penambahan BTS 4G akan dilakukan disesuaikan dengan peningkatan trafik di setiap area guna menjaga kualitas layanan. Dengan menyediakan layanan 4G LTE, XL Axiata berharap masyarakat setempat bisa lebih banyak mendapatkan manfaat, termasuk menjadikannya sebagai sarana meningkatkan produktivitas.

Yessie mengatakan, saat sangat banyak penawaran produk asli Aceh melalui aplikasi atau situs belanja online. Ia mencontohkan, kerajinan dari Aceh Besar, Kopi Gayo dari Aceh Tengah, promo wisata Sabang dan Banda Aceh. 

Klik Juga: 

Telkom, Telkomsel, XL, Bakrie Mobile Dan Mobile 8 Harus Bayar Denda

Ingin Akses Internet Cepat Di Rumah? XL Home Jawabannya

Hingga Agustus 2017 ini , sudak 336 kota dan kabupaten telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE ini, termasuk di antaranya puluhan kota di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Khusus untuk wilayah Sumatera, 102 kota dan kabupaten telah terlayani 4G LTE dari XL Axiata. Sementara itu, untuk Jawa, layanan 4G LTE XL Axiata telah masuk hampir ke seluruh kota dan kabupaten di Banten,Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur," pungkasnya. 

Hingga akhir Juni 2017, jumlah pelanggan menggunakan smartphone juga terus meningkat dan menjadi 67 persen dari total pelanggan. Sementara itu, pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai sekitar 20 juta pelanggan. Layanan XL Axiata saat ini didukung total lebih dari 93 ribu BTS, termasuk lebih dari 42 ribu BTS 3G dan lebih dari 14 ribu BTS 4G.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline