Aktual, Independen dan Terpercaya


Tahun Lalu Bank Riau Kepri Lindungi 5.000 Pekerja, Kini 20 Ribu Pekerja Rentan

20-Ribu-Pekerja-Rentan-Dilindungi-BPJS-Ketenagakerjaan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Giliran 20 ribu pekerja rentan yang ada di Provinsi Riau memperoleh perlindungan jaminan sosial melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Ini merupakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Riau Kepri dalam Program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran). 

Pekerja yang mendapat jaminan perlindungan sosial tersebut didominasi tenaga honorer guru bantu dan honor daerah tersebar di seluruh kabupaten dan Kota di Riau. Dana ini disalurkan dalam bentuk pembayaran iuran jaminan sosial para pekerja tersebut kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Jumat malam, 11 Agustus 2017, di Lantai 4 Gedung Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, Jalan Sudirman Pekanbaru.

Direktur Utama Bank Riau Kepri (Dirut BRK), Irvandi Gustari mengatakan, penyaluran dana CSR kepada para pekerja rentan ini keduakalinya dilakukan kepada pekerja rentan.

Baca Juga: 

Wow, 5000 Pekerja Ditanggung Iuran BPJS Ketenagakerjaan Oleh Bank Riau Kepri

Bank Riau Kepri Bangga Menjadi Pertama Di Sumatera Peduli Ke Pekerja Informal

Tahun 2016 lalu, BRK juga telah melakukan penyaluran dana CSR melalui program GN Lingkaran kepada 5.000 pekerja di Riau. Seiring peningkatan bisnis dan laba Bank Riau Kepri, untuk 2017 ini penerima bantuan jaminan sosial tersebut meningkat hingga 4 kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Sehingga mencapai jumlah 20 ribu tenaga kerja rentan untuk diberikan perlindungan dalam hal ketenagakerjaan. Kedepannya para pekerja rentan tersebut nantinya menyadari pentingnya jaminan sosial bagi kesejahteraan mereka," kata Irvandi Gustari. 

Menurutnya, dipilihnya cara penyaluran dana CSR tersebut agar bantuan diberikan sebagai tanggung jawab perusahaan terarah dan tepat sasaran serta premi akan dibayarkan dari penyaluran dana CSR ini tidak hanya selama enam bulan, tetapi juga akan setahun.

Anak Wali Kota Pekanbaru 1981-1986, Ibrahim Arsyad dan Guru Besar Perempuan pertama di Riau, Prof Hj Aswarni Adam, SH, berharap, para pekerja yang bekerja di sektor informal dan para tenaga kerja honorer terjamin haknya sebagai pekerja seperti jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, jaminan kematian dan manfaat lain.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengatakan, Program GN Lingkaran ini merupakan cara digalakkan BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka memberi jaminan seluruh tenaga kerja, baik sektor formal maupun informal.

Dengan cara menyerap dana CSR dari instansi dan perusahaan, tuturnya, BPJS memberikan kesejahteraan bagi pekerja di sektor informal. Sehingga program tersebut jadi solusi bagi banyak perusahaan besar untuk menyalurkan dana CSR kearah yang lebih bermanfaat.

"Sebagian besar kalangan pekerja disektor informal saat ini masih jauh dari nama kesejahteraan dan haknya sebagai pekerja menerima jaminan diri belum terpenuhi. Dengan ikut sertanya Bank Riau Kepri dalam kegiatan ini secara langsung berperan memberi kesejahteraan bagi pekerja dan masyarakat" pungkas Agus.

Klik Juga: 

Bank Riau Kepri Perusahaan Pertama Jalin Kerjasama Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Perusahaan Besar Masih Enggan Lirik Jaminan Pensiun Dari BPJS

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, berkesempatan memberikan langsung secara simbolis santunan jaminan sosial kepada ahli waris tenaga kerja dan menyerahkan secara simbolis kartu keanggotaan bagi perwakilan pekerja rentan yang hadir saat peluncuran program tersebut.

Andi Rachman mengapresiasi penyaluran dana CSR dilakukan Bank Riau Kepri kepada pekerja rentan tersebut, karena program ini sangat baik dan bermanfaat.

"Kita tentunya perlu berterimakasih kepada Bank Riau Kepri karena telah mau menyisihkan hasil usahanya untuk kesejahteraan para pekerja, dan semoga langkah ini bisa diikuti oleh banyak perusahaan yang terdapat di Provinsi Riau " tuturnya.

Dalam penyerahan tersebut, hadir juga Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo, Direktur Pengembangan Investasi Amran Nasution dan Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbar Riau, Budiono, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Riau Kepri Eka Afriadi beserta seluruh Pemimpin Cabang dan Capem Wilayah Pekanbaru.

Ikuti dan simak Kinerja Bank Riaukepri dengan klik di sini.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline