Aktual, Independen dan Terpercaya


Sepekan Digagas, Siak-Bank Riau Kepri Sepakat Beri Modal UMKM dengan Bunga 5-6 Persen

Penandatangan-MoU-Siak-Bank-Riau-Kepri.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: Effendi

RIAU ONLINE, SIAK - Cukup sepekan saja pembicaraan antara Bupati Siak, Syamsuar dengan Direktur Utama Bank Riau Kepri (Dirut BRK), Irvandi Gustari, mewujudkan kerjasama untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Siak. 

Pada Rabu sore, 21 Juni 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak dan BRK menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU), di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak. 

Dirut BRK, Irvandi Gustari, mengatakan, program ini pertama di Riau dan sebenarnya sejak tahun lalu program ini sudah ada, namun tidak berjalan alias kelabu asap.

Baca Juga: Bank Riau Kepri Nomor 2 Terbaik Nasional Di Pelayanan Perbankan

"Kerja sama ini pertama kali di Riau, sebenarnya produk ini sudah ada sejak tahun lalu. Ada beberapa Pemerintah Daerah sudah mengajukan. Kenyataannya, saat ekonomi sedang menurun menjadi tak jalan dan begitu jumpa Bupati Siak, dalam waktu seminggu kita bicarakan hal ini kita sepakati," ungkap Irvandi.

Kerja sama ini merupakan program luar biasa, tuturnya, karena program tersebut memiliki bunga lebih rendah dibandingkan bunga KUR, 5-6 persen. Sedangkan bunga KUR sendiri mencapai 9 persen.

Dengan demikian, ungkapnya, jelas ini memudahkan para pelaku UMKM mengembalikan pinjaman. Adanya kerjasama sinergi sangat luar biasa ini, semua kegiatan ekonomi akan tumbuh, pelaku ekonomi tumbuh, dan uang kembali.

Penandatangan MoU Pemkab Siak-Bank Riau Kepri

BUPATI Siak, Syamsuar dan Direktur Utama Bank Riau Kepri (Dirut BRK), Irvandi Gustari, saling menyerahkan berkas telah ditandatangi dalam sebuah MoU di antara kedua lembaga untuk membatu pelaku UMKM di Siak, Rabu sore, 21 Juni 2017. 

"Dengan adanya MoU ini, tentunya semakin mewujudkan Visi dan Misi Bank Riau Kepri sebagai perbankan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan membina serta mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah," tuturnya. 

Pada kesempatan sama, Bupati Siak, Syamsuar mengatakan, pertemuan dirinya dengan Irvandi Gustari bak gayung bersambut. Karena apa sudah lama ia rancang dan rencanakan dapat terwujud.

"Tentunya ini merupakan kebahagiaan bagi kami, dan memang rancangan  ini sudah lama kami rencanakan. Namun kami mencari tahu bagaimana bisa bekerjasama dengan bank-bank bisa diajak bekerjasama," jelasnya.

Ia menceritakan, saat bertemu Dirut BRK, Irvandi Gustari di Minas, bak gayung bersambut, rupanya ia juga sudah lama ingin merencanakan ini. Gagasan tersebut belum ada satupun yang menarik, dan akhirnya jatuh hati juga dengan Siak.

Klik Juga: UMKM Riau Berkembang Kalau Bunga Kredit Turun

 

Sebelum kerja sama ini ditandatangani, Syamsuar sudah bersua dengan para pelaku UMKM, dan melalui kesempatan itu mereka mengharapkan adanya bantuan modal dalam bunga lebih rendah.

"Dari perbincangan kami beberapa waktu lalu dengan para pengrajin dan masyarakat yang bergerak di bidang UMKM. Mereka memang sangat berharap adanya bantuan modal lebih rendah. Tentunya dengan adanya dukungan dari Bank Riau-kepri ini sangat membantu usaha kecil yang ada di Sak ini," ucap orang nomor satu di Negeri Istana itu.

Ikuti dan simak Kinerja Bank Riaukepri dengan klik di sini.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline