Aktual, Independen dan Terpercaya


BI Harapkan Riau Fokus Garap Sektor Perkebunan

Deputi-Gubernur-senior-BI.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Agar ekonomi Riau dapat melejit naik dengan baik, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara menyarankan agar Pemerintah Provinsi Riau dapat memperhatikan versifikasi komoditas unggulan terutama di sektor perkebunan. Terutama untuk turunan pada buah kelapa sawitnya.

Dirinya tak menyalahkan upaya Pemprov Riau kini yang sedang giat-giatnya menggalakkan sektor pariwisata berbasis ekonomi setelah sekian lama merasakan lesunya sektor migas dan perkebunan.

"Kalau saat mencari sumber pertumbuhan ekonomi yang baru seperti pariwisata itu bagus. Tetapi untuk itu kan harus ada infrastrukturnya. Sementara untuk perkebunan yang dimiliki Riau yang cukup baik saat ini bisa mengarah ke sini," katanya di Hotel Pangeran, Jumat, 9 Juni 2017.

Baca Juga: Komisi A DPRD Riau Beberkan Bobroknya Tata Kelola Perkebunan di Riau

Indonesia telah memfasilitasi agar sektor swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa berjalan dengan baik karena sektor ini dijadikan salah satu komoditi negara.

Selain itu, kiblat ekonomi Indonesia yang mengarah pada pangsa pasar Tiongkok juga melirik membuat sektor perkebunan kedepannya dapat diandalkan.

"Caranya bagaimana, yaitu dengan mengundang investor datang. Tentunya dengan menyediakan infrastruktur yang memadai dan berikan kemudahan untuk ini," katanya optimis.

Dengan upaya seperti ini diharapkan ekonomi Riau dari tahun ke tahun dapat meningkat. "Tapi sekarang dengan recovery harga komoditi pertumbuhan ekonomi Riau juga mulai meningkat. Secara keseluruhan Sumatera meningkat kok. Tahun 2013 hanya tumbuh 3 persen, tetapi di tahun 2016 naik menjadi 4 persen, tahun ini mudah-mudahan menjadi 4.5 persen dan 2018 mendekati 5 persen," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline