Aktual, Independen dan Terpercaya


Duo Abang Adik Anak Riau Ini Jadi Direktur Human Capital Terbaik di Indonesia

Abang-Adik-Terbaik-di-Indonesia.jpg
(HUMAS BANK RIAU KEPRI FOR RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Tahukah Anda, 10 direktur dengan kualifikasi terbaik bidang sumberdaya manusia (Human Capital) di Indonesia ternyata orang Riau. Lebih membanggakan lagi, keduanya justru abang kakak, satu putera ketiga, satu lagi putera keempat. 

Kedua abang adik tersebut namanya sama, sama-sama berawalan Irvandi. Satu Irvandi Gustari, kini menjabat Direktur Utama Bank Riau Kepri (Dirut BRK), dengan keahlian di SDM, satu lagi Irvandi Ferizal, Direktur Human Capital Bank Maybank, Jakarta. 

Irvandi Gustari dan Irvandi Ferizal, Jumat, 28 April 2017, langsung menerima penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, dalam ajang Indonesia Human Capital Award (IHCA) 2017, di Gedung Kementeri Tenaga Kerja. 

Baca Juga: Membanggakan, Putri Riau Ini Jadi Guru Besar di Institut Teknologi Bandung

Ke-10 director terbaik Indonesia membidangi Human Capital dari 1.000 perusahaan yang ada di Indonesia, perinciannya 350 BUMN, 300 BUMD, 100 perusahaan Tbk, dan 150 anak perusahaan BUMN. 

"Penghargaan kami, saya dan Irvandi Ferizal terima dari Menaker dihadiahkan untuk ibunda tercinta, Prof Hj Aswarni Adam, SH," kata Irvandi Gustari kepada RIAUONLINE.CO.ID, dengan mata berbinar-binar. 

Irvandi Gustari dan Irvandi Ferizal merupakan putera ketiga dan keempat pasangan Ibrahim Arsjad, Wali Kota Pekanbaru 1981-1986 dan Guru Besar perempuan pertama di Riau di bidang hukum, Prof Hj Aswarni Adam, SH. 

Kepintaran dan kecerdasan kedua orangtua Irvandi bersaudara ini, Ibrahim Arsjad-Aswarni Adam, juga turun ke kakak tertuanya, si sulung. Sang kakak, Irda Fidrianny, menyandang gelar Guru Besar di Bidang Fitokimia, Farmasi, pada Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat. 

Dirut Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari, Terima Penghargaan

DIREKTUR Utama Bank Riau Kepri (Dirut BRK), Irvandi Gustari (dua kanan) menerima penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, Jumat, 28 April 2017. Irvandi Gustari menerima penghargaan bersama adik laki-lakinya, Irvandi Ferizal, Direktur Human Capital Bank Maybank, untuk direktur human capital terbaik di Indonesia.

Pengukuhan Guru Besar Fitokimia ITB ini dilakukan pada Jumat, 24 Februari 2017 silam, dengan orasi ilmiah mengangkat judul Peran Standarisasi dalam Konsistensi Mutu, Keamanan, dan Efek Obat Bahan Alami, di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah ITB.

Ia mengikuti jejak ibunya, Hj Aswarni Adam, perempuan pertama di Riau menyandang Guru Besar. Bedanya, jika sang ibu, menyandang Guru Besar Hukum, maka Irda tunak di Fitokimia, Farmasi. Tak hanya itu, Irda sekarang ini tercatat sebagai satu-satunya perempuan Riau bergelar guru besar di perguruan tinggi prestisius tersebut. 

Klik Juga: Wow, Bank Riau Kepri Nomor 2 Nasional, Singkirkan Bank DKI, BJB, dan Nagari

Fitokimia atau kadang disebut fitonutrien, merupakan segala jenis zat kimia atau nutrien diturunkan dari sumber tumbuhan, termasuk sayuran dan buah-buahan. Fitokimia biasanya digunakan merujuk pada senyawa ditemukan pada tumbuhan tidak dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh, tetapi memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan atau memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit.

"Irda Fidrianny dilahirkan 22 Februari 1963. Ia selalu meraih juara umum sejak SD hingga Perguruan Tinggi," cerita ibunda tercinta, Prof Hj Aswarni Adam, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 24 Februari 2017.

Kakak dari sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Asvi Warman Adam ini mengisahkan, Irda menamatkan SD pada SD Yos Sudarso, Padang tahun 1976. Kemudian, melanjutkan pendidikan di SMP Santa Maria, Pekanbaru, tamat 1979, SMA Santa Maria, Pekanbaru, selesai 1982. "Membanggakan itu, kesemuanya dengan predikat ranking Juara Umum," kenang Aswarni Adam.

Sebagai anak pertama, Irda mampu menjadi inspirator bagi adik-adiknya serta anak-anaknya juga. Terbukti, empat adiknya, sukses di pendidikan dan bekerja sebagai profesional. Adik pertama Irda Fidrianny, bernama Ir Hj Irda Meirina, alumni Arsitek ITB lulus 1987, dan memilih karir di perusahaan perminyakan multinasional, Chevron, Jakarta.

Adik Kedua Irda Fidrianny, DR H Irvandi Gustari SE, MBA, Direktur Utama Bank Riau Kepri. Irvandi lulusan S3 IPB. Sedangkan, anak keempat pasangan Ibrahim Arsyad-Aswarni Adam, H Irvandi Ferizal, S Psi, lulusan psikologi, Universitas Padjajaran, Bandung, tahun 1991.

Foto Keluarga Irvandi Gustari

PROFESOR Dr Irda Fidrianny, Apt, (duduk kiri) berfoto bersama ayahnya Wali Kota Pekanbaru 1981-1986, Ibrahim Arsyad (dua kiri) dan ibunya, Prof Hj Aswarni Adam, SH (dua kanan) beserta adik-adiknya, berdiri paling kanan DR H Irvandi Gustari SE, MBA (Dirut Bank Riau Kepri), berdiri paling kiri H Irvandi Ferizal S.Psi (Direktur Human Capital Bank Maybank), dan Irda Anggreniy SW (berdiri tengah).

Ferizal sekarang menjabat Direktur di Bank Maybank. Sedangkan, si bungsu, Hj Irda Anggreniy SW, MM, lulusan S2 di MM ITB, kini berkarir di bagian Treasury Bank Riau Kepri.

Adik kandung Irda Fidrianny, Dirut Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari mengatakan, apa diraih kakak tertuanya itu menjadi cambuk dan motivasi bagi adik-adiknya, termasuk dirinya sendiri.

Lihat Juga: Berdempet-Dempetan Di Speed Boat, Bank Riau Kepri Intip Peluang Bisnis di Pulau Terluar

"Kakak Irda jadi motivasi kami, termasuk saya, untuk menjadi terbaik, baik di pendidikan maupun dalam bekerja secara profesional. Alhamdulillah, tak lama lagi saya juga akan menyandang gelar seperti kakak," kata Direktur Utama Bank Riau Kepri (Dirut BRK) ini sambil tersenyum.

Irvandi menceritakan, usai menamatkan bangku sekolah menengah atas di Pekanbaru, Irda melanjutkan pendidikan ke ITB dengan status mahasiswa undangan tahun 1982. Ia memilih Fakultas Farmasi ITB.

Usai menamatkan S1, Irda melanjutkan S2 di ITB dan berkarir sebagai dosen di almamaternya tersebut. Tahun 1992 ia menyelesaikan pendidikan doktornya di almamaternya. Hingga kini, Irda, selain dosen di ITB, juga diundang dalam berbagai seminar ilmiah dalam dan luar negeri. 

Ikuti dan simak Kinerja Bank Riaukepri dengan klik di sini.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline