Begini BI dan Pemerintah Tindak Lanjuti Kelangkaan Cabai Merah

Pedagang-Cabai-Pasar-Cik-Puan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bank Indonesia Perwakilan Riau dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Riau memutuskan untuk mendorong suplai cabai merah dengan gerakan tanam cabai di pekarangan rumah. Hal ini dilakukan mengingat cabai merah menjadi faktor penyebab inflasi di Riau.

Wakil Ketua TPID Riau yang juga Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Ismet Inono mengatakan program ini sudah dibicarakan beberapa waktu lalu dengan lembaga terkait.

"Rencana ini adalah inisiasi Bank Indonesia dan sudah dibicarakan sebelumnya, jadi TPID Riau berencana melawan penyebab inflasi dengan melibatkan ibu rumah tangga untuk menanam cabai di pekarangan rumah," kata Ismet, Jumat, 6 Januari 2017.

Baca Juga: Kelangkaan Cabai Merah Sebabkan Inflasi Tahunan Riau

Rencananya, ibu rumah tangga yang dilibatkan itu adalah anggota PKK tiap daerah kabupaten kota percontohan. Program tanam cabai TPID Riau ini akan digelar di tiga daerah yang menjadi patokan angka inflasi yaitu Pekanbaru, Dumai, dan Tembilahan, dengan percontohan awal ditetapkan di Pekanbaru.

Di daerah itu, nantinya minimal 10 rumah di lima kecamatan, akan ditanam sekitar 15 pohon cabai merah sebagai percontohan penerapan program tanam cabai tersebut.

"Selain koordinasi dengan PKK, pendataan dan pembinaan peserta juga dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau," ujarnya.

Selama program ini berjalan, akan dilakukan pendampingan, pengawasan, pelatihan, hingga kompetisi yang dimenangkan rumah tangga pelaksana program terbaik.

Juga: Hingga Hari Ini, Harga Cabai Merah Masih Melonjak

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi mengatakan untuk mengantisipasi dampak inflasi dari cabai merah memang perlu intervensi dari TPID.

"Intervensi yang bisa dilakukan yaitu dengan langkah menambah pasokan lewat program tanam cabai di pekarangan ini," katanya.

Dengan tahapan program yang jelas, tanggung jawab satuan kerja pemda pun jelas, diharapkan langkah intervensi ini dapat berjalan maksimal dan menekan inflasi akibat komoditas cabai kedepannya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline