Aktual, Independen dan Terpercaya


20 UMKM Pemenang UMKM Award Peroleh Bantuan Modal Usaha

Dirut-Bank-Riaukepri-Serahkan-Penghargaan-UMKM-Award.jpg
(HUMAS BANK RIAUKEPRI untuk RIAUONLINE.CO.ID)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Bank Riau Kepri memberikan penghargaan kepada 20 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri). Penyerahan tersebut dilakukan malam puncak UMKM Award 2016 Bank Riaukepri (BRK), Jumat malam, 28 Oktober 2016, di Menara Dang Merdu Bank Riaukepri.

 

Kriteria dinilai terdiri dari empat kategori, antara lain Usaha Kecil Produksi dan Industri, Usaha Kecil Produksi dan Industri Mikro, Usaha Kecil Jasa dan Perdagangan serta Usaha Mikro Jasa dan Perdagangan. UMKM Award ke-8 ini dinilai Dewan Juri terdiri dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Riau, Darius Husein, Ketua IWAPI, Irma Rachman dan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Ervan Darwis.

 

Peserta UMKM Award terdiri dari 169 pelaku usaha kecil dan menengah yang diseleksi mulai 24 Juni 2016 dengan mendatangi pelaku UMKM di tempat usaha masing-masing. Ketua Tim Juri Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Riau, Darius Husein, penilaian terhadap pelaku UMKM ini di antaranya: penilaian dalam hal pertumbuhan usaha, omset usaha, penyerapan tenaga kerja dan keadministrasian usaha.

 

Bagi para pemenang di semua kategori mendapat bantuan modal usaha dari BRK. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi BRK kepada pemerintah yang telah membantu pertumbuhan UMKM di daerahnya. 

 

Baca Juga: Bank Riaukepri Pilih 20 UMKM pada Anugerah ke-8

 

Direktur Utama Bank Riaukepri, Irvandi Gustari mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan berkala yang dilakukan BRK. "Kegiatan ini adalah bentuk komitmen BRK terus mendukung dan menumbuhkembangkan UMKM. Bukan hanya dalam penyaluran kredit bagi pengusaha UMKM, tetapi juga pembinaan, pendampingan serta pemberian penghargaan bagi debitur," ujar Dirut Bank Riaukepri, Irvandi Gustari. 

 

Hingga saat ini BRK telah menyalurkan pembiayaan mikro Rp 2,2 miliar kepada 23 ribu debitur pembiayaan mikro BRK. Adapun penghargaan diberikan BRK terdiri dari empat kategori antara lain, kategori usaha mikro jasa/perdagangan, kategori mikro produksi/industri, kategori usaha kecil jasa/perdagangan, kategori usaha kecil produksi. Dari masing-masing kategori, BRK memberikan penghargaan kepada lima debitur.

 

Pemenang kategori usaha mikro jasa/perdagangan, juara satu diraih Suryono, pemilik Agribisnis kebun kelapa sawit dan peternakan di Kampar. Disusul juara II, Harison, pemilik Champion Burger di Duri Bengkalis, juara 3 Wan Jupardan, pemilik US, Wan Zuhri penjualan mesin di Pekanbaru, juara harapan I Sarwon, pemilik produksi tahu dan peternak bebek di Pelalawan, dan juara harapan II Asni Zarwan, pemilik pangkas rambut Idola di Rokan Hulu.

 

Kemudian, kategori usaha kecil-produksi, juara I Devi Susanti, pemilik Tenun Putri Mas di Bengkalis, juara II Hadi Yudin, pemilik Mie ADIS di Bengkalis, juara III Muhammad Imanullah, pemilik kedai kopi Iman di Bintan Kepri, juara harapan I Salfian pemilik toko Restu Bunda-santan di Indragiri Hulu, dan juara harapan II Subandi, pemilik Kerupuk Kemplang 999 di Tanjung Balai Karimun Kepri.

 

Selanjutnya, kategori usaha kecil jasa/perdagangan, juara II diraih Suratmin, pemilik sate Dono di Capem Belilas, juara II Naprial, pemilik futsal dari Kuansing, Juara III Suharyanto, percetakan di Pekanbaru, juara harapan I Benny Suparman, pemilik sarung jok di Pekanbaru dan juara harapan II Dasril, pnjualan sepeda motor Kawasaki Greentech di Kuansing.

 

Terakhir, kategori mikro produksi dan industri, Juara I dimenangkan Jamilah, pemilik usaha pengrajin Tempe Cabang Selat Panjang, Juara II Maladi, pengrajin besi Cabang Belilas Indragiri Hulu, Juara III Dahniar, pemilik produksi ikan iris, Natuna Kepulauan Riau, juara harapan I Deni Faniardi, pemilik prodjksi Jamur Tiram Perawan Kabupaten Siak, juara harapan II Syukur, pemilik usaha Batako Tanjung Balai Kerimun Kepulauan Riau.

 

Lihat Juga: Bank Riaukepri Sudah Salurkan Rp 10,5 Miliar Dana KUR

 

Gubernur Riau diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Riau, Masperi, dalam sambutannya mangatakan, apresiasi setinggi-tingginya kepada BRK yang telah melaksanakan award untuk pelaku usaha. "Dengan adanya penghargaan terhadap para pelaku UMKM diharapkan bisa menjadi inspirasi dan inovasi bagi mereka dan kegiatan ini turut membantu pemerintah," ungkap Masperi. 

 

Pelaku UMKM sangat berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, memenuhi kebutuhannya serta menyerap tenaga kerja yang ada.

 

Tampak hadir malam anugerah UMKM ini, diantaranya Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, Komisaris Utama BRK, H Mambang Mit, Direktur Utama BRK, DR Irvandi Gustari, Forkompinda, perwakilan kabupaten kota Riau maupun Kepulauan Riau dan para debitur nasabah BRK.


Ikuti dan simak Kinerja Bank Riaukepri dengan klik di sini.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline