Aktual, Independen dan Terpercaya

OJK Bentuk Forum Lembaga Jasa Keuangan di Riau

Mata-uang.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Otoritas Jasa Keuangan membentuk Forum Lembaga Jasa Keuangan di Riau untuk meningkatkan literasi keuangan. forum tersebut terdiri dari beberapa lembaga jasa keuangan dan investasi di Riau, termasuk PT Bursa Efek Indonesia. Forum itu akan melakukan sosialisasi hingga ke pedesaan untuk neingkatkan paham masyarakat awam.

 

Kepala Kantor OJK Riau M Nurdin Subandi mengatakan literasi keuangan di daerah itu memang masih rendah.
“Literasi ini terus ditingkatkan untuk mencegah masyarakat awam dan pedesaan mengikuti praktik investasi bodong dan multilevel marketing bodong yang diduga bisa melakukan penipuan,” katanya, Jumat, 29 Juli 2016.

 

Subandi memaparkan bahwa secara nasional, literasi LJK di Indonesia masih sangat rendah. Dijelaskannya berdasarkan hasil survei nasional perkembangan literasi keuangan OJK tahun 2013, tingkat pemahaman terlihat minim. Bahkan untuk LJK berbentuk perbankan terjadi ketimpangan antara pemahaman dan pemanfaatannya.

BACA JUGA: Harga Gula Tak Kunjung Stabil, Pekanbaru Buka Keran Impor Gula

 

Sementara itu, Ketua Froum LJK Emon Sulaeman yang juga Kepal Kantor PT Bursa Efek Indonesia Pekanbaru mengatakan Forum tersebut akan menjalin komunikasi yang intens dengan masyarakat lewat berbagai program seperti sosialisasi, edukasi, dan program kemitraan.

 

“Sosialisasi juga kita tujukan kepada siswa dan mahasiswa,” katanya.

 

Emon juga menyebutkan salah satu yag memiliki peran penting dalam literasi ini adalah media massa. Untuk itu forum terebut juga akan bermitra dengan media agar bisa ikut menyampaikan informasi yang bisa menegdukasi masyarakat. "Media adalah mitra strategis kita dalam menjalankan literasi," katanya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline