PLTU Tenayan Raya Segera Beroperasi, Kapasitasnya Melebihi Kebutuhan Riau

logo-PLN.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tenayan Raya sudah akan selesai. Rencananya akan segera dioperasikan pada akhir Oktober mendatang. Kapasitasnya melebihi kebutuhan listrik masyarakat Riau.

 

Demikian dikatakan Humas PLN Sektor Pekanbaru, Abdul Hafiz menanggapi tudingan Mantan Walikota Pekanbaru, Herman Abdullah mengenai lambannya proyek PLTU Tenayan Raya. “Pengerjaan PLTU ini tidak pernah berhenti. Pembangunan memang butuh waktu dan kalau tidak ada halangan, akhir oktober ini sudah bisa dioperasikan,” kata Hafiz ketika ditemui RIAUONLINE.CO.ID di kantornya, Jalan Setiabudi, Pekanbaru, Senin (28/9/2015) siang.

PLTU Tenayan Raya menggunakan 2 mesin dengan masing-masing kapasitas maksimal 110 Megawatt. Jika keduanya beroperasi, Hafiz menyebut, PLTU tersebut mampu memasok listrik hingga 150 Megawatt. (BACA JUGA: Defisit Pasokan Listrik, Pemadaman Bergilir Hingga Oktober)


Proyek yang menghabiskan anggaran sebesar Rp2,3 triliun itu dipercaya dapat memenuhi kebutuhan sejuta pelanggan rumah tangga dengan standar 1300 watt. “Jika dibandingkan dengan konsumsi listrik masyarakat Riau yang berkisar 30 hingga 50 Megawatt, maka angka ini bisa melebihi kebutuhan kita. Kelebihannya bisa digunakan untuk memasok listrik ke provinsi lain yang kekurangan pasokan listrik," terang lelaki berkacamata ini.


Hingga kini, lanjut Hafiz, PLTU Tenayan Raya masih berada di bawah Unit Induk Pembangunan. Dan jika telah selesai akan diserahkan dan dikelola oleh Penyalur Pusat dan Pengatur Beban (P3B) PLN Riau.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline