Aktual, Independen dan Terpercaya


Asap Kiriman Bikin 26 Penerbangan Batal di SSK II

Penumpang-Bertumpuk-di-Bandara-SSK-II.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUCI AULYA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru, hari ini, Senin (28/9/2015), kembalu lumpuh total. Setidaknya sudah 26 penerbangan dinyatakan batal terbang dan mendarat. 

 

Pembatalan ini ditetapkan oleh masing-masing maskapai sejak sehari sebelumnya, Minggu (27/9/2015), dengan melihat kondisi cuaca yang belum membaik di Bandara SSK II Pekanbaru. (Baca Juga: Sudah 44.871 Jiwa Warga Riau Menderita ISPA

 

“Dari 76 penerbangan dijadawalkan, ada 26 penerbangan membatalkan penerbangannya karena alasan asap yang tak kunjung membaik ini. Maskapainya antara lain, Air Asia, Malindo Air, Lion Air, Sriwijaya Air dan Citilink,” kata Hasnan kepada RIAUONLINE.CO.ID ketika ditemui di ruangannya.

 

Sejak pagi kondisi penerbangan belum bisa dilakukan karena jarak pandang berada di bawah 1.000 meter. Namun, menurut Hasnan, pesawat sudah mulai dapat mendarat di bandara mulai pukul 11.55 WIB tadi.

 

“Jarak pandang mulai bisa dipakai untuk penerbangan menjelang siang hari. Jarak pandang ketika pesawat mendarat tadi sekitar 1.200 meter,” ujar lelaki akrab dipanggil Ongah ini.

Namun, begitu jarak pandang di Bandara masih sulit untuk diprediksi karena lepas pukul 13.00 WIB tadi, jarak pandang mulai menurun di angka 1000 meter. (Al Azhar Berang Ada Spanduk Perusahaan di Depan Posko Kesehatan

 

Hasnan menuturkan, hal ini dipengaruhi oleh kondisi angin yang berhembus di Pekanbaru. Jika anginnya cenderung bergerak maka kondisi cuaca akan sulit diprediksi. 

 

"Pagi tadi pukul 05.00 WIB, jarak pandang cuma sekitar 100 meter saja, terus semakin siang terus membaik hingga di angka 1.200 meter. Tapi sekarang jarak pandang sudah mulai turun lagi di angka 1.000 meter. Semoga hari ini jarak pandang cukup bagus sehingga tidak terjadi gangguan penerbangan hingga malam nanti,” jelas Hasnan.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline