Luar Biasa, 7 Presiden Ini Enggan Terima Gajinya Demi Rakyat

Mahmoud-Ahmandinejad.jpg
(Boombastis.com/Source)

RIAU ONLINE - Selain semua fasilitas yang didapat, seorang Presiden juga mendapat gaji dan pendapatan setiap bulannya. Tapi tahukah anda, Sejumlah Presiden justru dijuluki presiden termiskin di dunia karena pendapatannya yang sedikit dan ada yang memilih untuk sengaja menolak menerima gajinya.

 

Beberapa di antaranya memilih untuk hidup sederhana dan lebih fokus untuk mengabdikan dirinya pada negara sebagai pelayan masyarakat. Gaya hidup dari mereka yang sederhana bahkan menjadi panutan banyak orang. Siapa saja mereka? Berikut seperti dilansir dari BOOMBASTIS.com

 

Presiden Iran, Mahmud Ahmadinejad

 

Mahmud Ahmadinejad, merupakan Presiden Iran keenam. Ia dikenal sebagai sosok yang sederhana dan bersahaja. Bahkan, dia lebih memilih berkendara dengan mobil tuanya daripada menggunakan limosine mewah.

 

Mahmoud Ahmandinejad [ Image Source ]Mahmud Ahmadinejad (BOOMBASTIS.COM)

 

Saat menduduki kantor kepresidenan untuk pertama kalinya, pria kelahiran Aradan, 28 Oktober 1956 ini memutuskan untuk menyumbangkan karpet istana Iran yang mahal dan mewah, kemudian diganti dengan karpet biasa yang lebih mudah dibersihkan. Sedangkan, karpet istana disumbangkan ke masjid-masjid di Teheran.

 

Selama menjabat sebagai Presiden, ia memilih untuk tetap tinggal di rumahnya sendiri. Sebagai seorang presiden, gaji yang didapat per bulan hanya sekitar tiga ribu dolar, namun ia enggan menerimanya. Alasannya, ia berpendapat bahwa semua kesejahteraan milik negara dan tugasnya untuk tetap amanah menjaganya. Gaji yang diambilnya per bulan adalah gaji sebagai seorang dosen dengan nilai sekitar 250 dolar.

 

Presiden Afghanistan, Hamid Karzai

 

Pria kelahiran 24 Desember 1957 ini menjabat sebagai Presiden Afghanistan pada Desember 2001. Hamid sangat dominan dalam dunia politik Afghanistan sejak pemerintahan Taliban jatuh. Ia adalah tokoh politik yang ternama di negaranya.

 

Hamid Karzai [ Image Source ]Hamid Karzai (BOOMBASTIS.COM)

 

Presiden yang fasih berbahasa Pushtu, Dari, Urdu, Hindi, Persia, Inggris, dan Perancis ini juga pernah dianugerahi Medali Kemerdekaan Philadelphia tahun 2004 lalu. pada 2003, ia diangkat sebagai Ksatria Kehormatan Britania.

 

Salah satu yang paling khas dan sering mendapat pujian dari sosoknya adalah gaya berpakaiannya. Ia lebih sering terlihat menggunakan topi feznya yang membuatnya terlihat elegan dan lebih bersahaja.

 

Presiden Zimbabwe, Robert Gabriel Mugabe


 

Sejak Desember 1987, Robert Gabriel Mugabe sudah menjabat sebagai pemimpin negara Zimbabwe. Setelah sebelumnya pada 1980 menjabat sebagai kepala pemerintaan Zimbabwe, kemudian ia jadi Presiden eksekutif pertama.

 

Robert Gabriel Mugabe [ Image Source ]Robert Gabriel Mugabe (BOOMBASTIS.COM)

 

Pada 1987, momen bersejarah mencatat saat Parlemen Zimbabwe memutuskan untuk mengubah sistem konstitusi parlementer menjadi presidensil. Dengan demikian, jabatan Presiden tidak lagi bersifat seremonial, tapi juga diperkuat sebagai pemegang kekuasaan eksekutif.

 

Presiden Uruguay, Jose Mujica

 

Jose Mujica dikenal sebagai Presiden yang tidak terlalu memprioritaskan dan mementingkan protokoler kepresidenan. Presiden yang pernah dipenjara selama 14 tahun ini terkenal dermawan. Ia mendonasikan 90 persen pendapatannya sebagai presiden yang nilainya mencapai 12 ribu dolar per bulan.

 

Jose Mujica [ Image Source ]Jose Mujica (BOOMBASTIS.COM)

 

Presiden ini juga sangat sederhana, ia lebih memilih hidup bersama istrinya di rumah yang hanya memiliki satu kamar tidur di sebuah pertanian.

 

Presiden yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan “Pepe” ini pulang pergi ke kantor presiden menggunakan mobil dinas berupa Volkswagen buatan tahun 1987 tanpa iring-iringan mewah.

 

Presiden India, Pranab Kumar Mukherjee

 

Pranab Kumar Mukherjee menjabat sebagai Presiden India sejak 2012, yang berawal dari karir politiknya di Kongres Nasional India di bawah Perdana Menteri Indira Gandi pada 1969. Sebagai seorang Presiden, Pranap Kumar Mukherjee menerima pendapatan hanya sekitar 32.216 dolar per tahun.

 

Pranab Kumar Mukherjee [ Image Source ]Pranab Kumar Mukherjee (BOOMBASTIS.COM)

 

Kemampuannya yang luar biasa dan cemerlang sampai membuatnya dijuluki sebagai “man for all seasons” dan bukan hal mengejutkan lagi ketika ia akhirnya menjadi salah satu menteri dalam kabinet pada tahun 1973. Sebelum menjadi presiden, ia telah berhasil menduduki sejumlah jabatan dan posisi penting di kancah politik.

 

Presiden Paraguay, Fernando Lugo

 

Meski sudah turun dari jabatannya sebagai Presiden Paraguay sejak Juni 2012, Fernando Lugo tetap menjadi sosok presiden yang dicintai rakyatnya. Roda pemerintahan ia jalankan sebaik mungkin demi mensejahterakan rakyat Paraguay.

 

Saat menjadi Presiden, Fernando setiap bulannya memperoleh pendapatan sekitar 37 juta rupiah per bulan. Tapi, ia tidak pernah mau menerimanya. Baginya, yang ia lakukan dan kerjakan hanyalah atas dasar nilai sosial.

 

Fernando Lugo [ Image Source ]Fernando Lugo (BOOMBASTIS.COM)

 

Pada 2008, saat pemilihan umum berlangsung, Fernando mendulang banyak suara. Sebagian suara adalah milik rakyat kecil yang pernah ia layani saat masih menjadi Uskup Katolik.

 

Pria yang mengaku terinspirasi oleh Pancasila juga Presiden Soekarno ini pun masih memiliki tempat tersendiri di hati masyarakatnya.

 

Vatikan, Paus Fransiskus

 

Pria bernama lengkap Jorge Mario Bergoglio ini memang bukanlah presiden. Namun, memiliki kekuasan dan kekuatan besar untuk mengatur negara. Sejak 2013, Ia dinobatkan menjadi pemimpin Vatikan, menggantikan Paus Benediktus XVI.

 

 Paus Fransiskus [ Image Source ]Paus Fransiskus (BOOMBASTIS.COM)

 

Pria yang lahir di Argentina dan berdarah Italia ini pun terkenal dengan kepribadiannya yang sederhana dan hemat. Meski ia sangat menyukai kekuasaan dan pengaruh yang dimilikinya, ia tak menerima gaji atas layanan yang diberikannya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline