Inilah 6 Beladiri Mematikan Pasukan Khusus Militer di Dunia

Beladiri-TNI.jpg
(VIVA.CO.ID/WARTAINFO.COM)

RIAU ONLINE - Pada umumnya pasukan khusus berbeda dengan pasukan militer. Kerasnya setiap latihan yang harus dijalani, tingkat kegagalan yang tinggi dan kemampuan individu yang tinggi membuat tidak sembarangan prajurit yang dapat bergabung dengan pasukan elit ini.

 

Pasukan khusus tidak hanya dibekali kemampuan taktik namun juga dilengkapi dengan persenjataan yang canggih. Para prajurit pasukan khusus diharuskan menguasai dan memiliki berbagai keahlian, mulai dari kelihaian dalam medan perang dan penggunaan senjata, jago menggunakan teknologi dan tentunya harus jago bela diri.

 

Keahlian bela diri akan sangat berguna untuk pertarungan jarak dekat. Berikut adalah beladiri terbaik yang digunakan pasukan khusus elit di dunia.

 

Marine Corps Martial Arts Program (MCMAP) – Marinir Amerika

 

Marine Corps Martial Arts Program, MCMAP merupakan beladiri andalan marinir Amerika Serikat. Beladiri ini adalah gabungan dari beberapa cabang beladiri, pertama kali diperkenalkan secara terbatas pada 2002.

 

[​IMG]

SUMBER: VIVA/WARTAINFO.COM

 

Beladiri MCMAP memiliki 5 tingkatan, yakni sabuk tan, sabuk abu-abu, sabuk hijau, sabuk coklat dan sabuk hitam. MCMAP diciptakan utuk menghadapi musuh secara agresif dengan mengajarkan cara membunuh hingga merebut senjata lawan dengan kecepatan tinggi.

 

Systema – Pasukan khusus Rusia (Spetsnaz)

 

Systema adalah beladiri andalan pasukan khusus Rusia atau biasa disebut Spetsnaz. Systema pertama kali diperkenalkan pada 1917, saat Rusia tengah mengalami tekanan dari kekaisaran Rusia.

 

[​IMG]

SUMBER: VIVA/WARTAINFO.COM

 

Beladiri ini menyerang titik terlemah lawan, dan cenderung brutal. Bantingan, kuncian bahkan teknik cekik lazim digunakan dalam beladiri Systema.


 

SOCP – Pasukan Khusus AS

 

Special Operations Combatives Program (SOCP) merupakan beladiri yang digunakan pasukan khusus Amerika seperti NAVY SEALS, Delta Force dan Special Force. SOCP adalah beladari campuran yang ciptakan pada 2010.

 

[​IMG]

SUMBER: VIVA/WARTAINFO.COM

 

SOCP memiliki tujuan agar pasukan khusus dapat mengalahkan lawan dengan cepat menggunakan tangan kosong. Seperti Systema dan Krav Maga, SOCP mengajarkan teknik merebut senjata dari tangan lawan.

 

Merpati Putih – TNI Kopassus Indonesia

 

Merpati Putih atau Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening, yang berarti Mencari sampai mendapat Kebenaran dengan Ketenangan. Beladiri yang diciptakan Sampeyan Dalem Inkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pangeran Prabu Mangkurat ingkang Jumeneng Ing Kattosono.

 

[​IMG]

SUMBER: VIVA/WARTAINFO.COM

 

Pengguna beladiri ini memiliki kemampuan fisik di atas rata-rata karena menggunakan tenaga sebagai teknik utama. Beladiri ini digunakan oleh sejumlah satuan elit TNI salah satunya adalah Kopassus.

 

Beladiri ini sangatlah mematikan, beberapa personel Kopassus menggunakan beladiri ini saat beroperasi di wilayah Indonesia Timur, dan teruji mampu mendeteksi kedatangan musuh melalui teknik getaran.

 

Krav Maga – Pasukan Khusus Israel

 

Krav Maga diciptakan oleh Imi Lichtenfeld, merupakan cikal bakal beladiri campuran yang digunakan militer. Krav amga adalah beladiri yang sangat brutal sehingga sangat berbahaya.

 

[​IMG]

SUMBER: VIVA/WARTAINFO.COM

 

Tekni yang digunakan dalam mengalahkan lawan tidak lazim, yakni dengan mencekik, menusuk mata, hingga memukul kemaluan lawan. Beladiri ini digunakan oleh sejumlah pasukan khusus Israel seperti Sayeret Matkal dan Syahyetet 17.

 

Kungfu – Pasukan Khusus Tiongkok China

 

Tiongkok terkenal sebagai gudangnya beladiri, para prajurit militernya dibekali beladiri kungfu. Meskipun memiliki banyak cabang dan jenis kungfu, namun yang cukup terkenal adalah Ba Ji Quan, Shaolin do, Wudang dan Wing Chun.

 

[​IMG]

SUMBER: VIVA/WARTAINFO.COM

 

Saat ini, beberapa pasukan khusus Tiongkok mulai mengembangkan beladiri campuran seperti Krav Maga, Systema dan SOCP.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: VIVA.co.id