PT RAPP dan Indah Kiat Tak Mampu Tuntaskan Konflik

Diskusi-ScaleUp.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Scale Up menggelar acara diskusi bersama beberapa penggiat pemerhati lingkungan seperti Greenpeace, Rumah Pohon, kabut Riau, Yayasan HutanRiau dan Forum Komunitas Kehutanan Masyarakat (FKKM) Riau di Sekretariat Scale Up, Jalan Kenari No 5 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi pukul 11.00 WIB pada Senin, 22 Agustus 2016

 

Diskusi tersebut digelar untuk membahas kebijakan penyelesaian konflik yang diterapkan oleh Asia Pulp and Paper (APP) dan APRIL Group di wilayah Riau.

 

Berdasarkan hasil diskusi tersebut, mereka menilai upaya penyelesaian konflik yang dilakukan APP dan APRIL Group belum terlaksana dengan baik.

Baca Juga: Miris, Setiap Tahun 24 Milyar Ton Tanah Subur Hilang dari Muka Bumi

 


Pernyataan itu disampaikan Jois Adisti, pejabat yang membidangi divisi mitigasi, konflik training dan penguatan Jaringan di Scale Up usai diskusi.

 

"Komitmen-komitmen dan sistem yang dibuat oleh APP belum terimplementasi dengan baik. Walaupun korporasi tersebut sudah menerapkannya terhadap penyelesaian konflik tersebut," ucapnya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin 22 Agustus 2016.

 

Menurut Jois, poin-poin yang digunakan oleh perusahaan kertas raksasa tersebut belum sepenuhnya dapat menuntaskan konflik secara keseluruhan.

Klik Juga: Prajurit TNI Hilang saat Padamkan Karhutla di Rohil, Warga: Daerah Karhutla Angker

 

Sementara APRIL Group, kata dia belum menemukan kejelasan sebagai upaya untuk menyelesaikan. "Nah, kalau April belum jelas," katanya

 

Selanjutnya, Scale Up ?akan mengumpulkan data dan kembali melakukan diskusi bersama beberapa penggiat lingkungan lainnya di dua Provinsi yang ada di Sumatera, seperti Jambi dan Sumatera Selatan.

 

"Harapannya pertemuan ini agar bisa menjadi motivasi agar kita lebih bisa lagi mengumpulkan fakta bagaimana mengimplementasikannya dengan fakta yang seperti ini," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline