Inilah Helikopter Baru Presiden Jokowi

Heli-Baru-Presiden.jpg
(ANGKASA.CO.ID/ARC)

RIAU ONLINE - Presiden RI, Joko Widodo, memiliki helikopter berwajah baru. Heli super Puma AS-332 Skadron 45 kini memiliki corak muda khas Skadron VVIP.

 

Super Puma dengan nomor ekor H-3204, merupakan helikopter pertama yang menyandang kelir baru. Sebelumnya, heli ini menjalani Overhaul di PT Dirgantara Indonesia. Kemudian, jadilah helikopter Presiden berpenampilan baru dengan corak sesuai dengan pesawat BBJ VVIP Presiden RI, seperti dilansir dari Angkasa.co.id

 


Heli AS-332 H-3204 VVIP TNI-AU merupakan versi L-2 dari keluarga Super Puma, yang didatangkan langsung dari Prancis pada 2002 lalu. Tidak hanya H-3204, TNI AU juga mendatangkan helikopter Super Puma L-2 langsung dari Prancis lainnya yaitu H-3222. PT Dirgantara Indonesia juga mendatangkan dua heli jenis L-1 dengan nomor ekor H-3203 dan H-3206.

 

 

 

Didirikan pada 2011, Skadron Udara 45 memiliki keunikan dibandingkan dengan skadron udara lainnya, yaitu pemeliharaannya berada di bawah penanganan Kementerian Sekretariat Negara Indonesia. Bahkan pengoperasian pesawat di Skadron 45 dibawah koordinasi Sekretariat Militer Presiden RI.