BNPB Kerahkan Dua Pesawat dan Dua Helikopter Padamkan Api di Rohil

Lahan-terbakar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di Kecamatan Rokan Hilir. Tim Satgas Karhutla dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau mengerahkan dua pesawat dan dua helikopter untuk memadamkan titik api di lokasi, Senin (27/6/2016).

 

Pesawat yang dikerahkan jenis Air Tractor AT-802 dan dua helikopter untuk waterbombing jenis Mi-8 dan Mi-171.

 

"Puluhan hektare lahan terbakar di Rokan Hilir akan dipadamkan dengan cara waterbombing menggunakan dua unit helikopter," kata Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjaddin Marsma Hendri Alfiandi.

BACA JUGA: Inilah Klaim PT RAPP di Lahan Konsesi HTI Mereka 

 


Pemadaman ini telah dilakukan dari satu hari sebelumnya. Hendri menyebutkan 20 ha lahan di PT Sawita Raya di lokasi itu ikut terbakar dan masih belum padam, hingga Senin siang.

 

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud RSN, Kolonel (pnb) M Yani Amirullah kebakaran di lahan milik perusahaan tersebut juga pernah terjadi satu bulan yang lalu.

 

"Lokasi karhutla di kecamatan bagan senembah rayautara, diperkirakan lahan terbakar lebih kurang 20 hektar," ujar Kolonel Yani.

KLIK JUGA: Andi Rachman: Ingin Cepat dan Murah, Perusahaan Bakar Lahan dan Hutan 

 

Yani menjelaskan lokasi kebakaran berbatasan langsung dengan Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rohil. Berdasarkan informasi dari Penghulu di Bagan Sinembah Raya Utara diketahui bahwa lahan perusahaan itu juga pernah terbakar satu bulan yang lalu.

 

Satgas Udara langsung melakukan upaya pemadaman di lokasi dengan Water Bombing agar api tidak merembes. Satgas Udara KarhutlabRiau terus melakukan pemantauan secara langsung lokasi titik panas yang dirilis dari citra satelit. Pemantauan dilakukan guna memastikan titik panas tersebut merupakan titik api atau bukan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline