Pekanbaru Luncurkan Dua Aplikasi Smart City

iPEKANBARU.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Pemerintah Kota Pekanbaru meluncurkan dua aplikasi pendukung program smart city. Peluncuran itu bertepatan dengan momen ulang tahun ke 232 Kota Pekanbaru.

 

Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan untuk mendukung pembangunan memang sudah saatnya penerapan smart city direalisasikan, sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan perkembangan tekonlogi saat ini.

 

“Karena itu kami meluncurkan aplikasi pendukung program smart city E-Pekan, untuk tahap awal ada dua aplikasi yaitu perpustakaan online berbasis aplikasi moco dan radio online,” katanya Kamis (23/6). (KLIK: Dapat Kado Sampah, Firdaus Harus Minta Maaf)

 


Program kota pintar daerah itu kata Firdaus terdiri dari enam pilar utama. Yaitu pertama smart governance adalah program tata kelola pintar. Kedua, smart people adalah program mewujudkan masyarakat pintar. Ketiga, smart economy, mewujudkan ekonomi pintar dan mengikuti perkembangan teknologi.

 

Keempat, smart environment adalah program pengelolaan lingkungan terencana dan berkelanjutan. Kelima, smart living program untuk mendorong kehidupan masyarakat menjadi pintar. Dan keenam, smart mobility mewujudkan mobilitas atau transportasi masyarakat yang pintar.

 

Selain dua aplikasi yang telah diluncurkan, pemkot akan mengembangkan aplikasi lainnya yang dapat mendukung realisasi program kota pintar untuk meningkatkan pelayanan, pendidikan, dan kesehatan bagi masyarakat setempat. (BACA: Begini Harapan Gubernur Andi Untuk Kota Pekanbaru)

 

Sebelumnya Kota Pekanbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Riau diminta segera merealisasikan program dan rancangan smart city atau kota pintar untuk memudahkan masyarakat setempat.