Lomba Karya Jurnalis, Latih Siswa SMP Jadi Jurnalis Muda

Junaidi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

 

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siswa dari 60 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di 12 Kabupaten se- Provinsi Riau tengah dilatih dan dipersiapkan untuk menjadi jurnalis melalui Lomba Karya Jurnalis Siswa (LKJS) SMP tingkat Provinsi Riau yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau.

 

Acara yang berlangsung sejak 12 hingga 15 Mei 2016 di Hotel Alpha Pekanbaru ini akan diisi dengan beberapa kegiatan. Menurut Ketua Dewan Juri, Junaidi selain lomba menulis buletin, kegiatan tersebut juga akan mengadakan kunjungan ke salah satu media di Pekanbaru.

 


"Untuk tanggal 12 itu mereka cek in lalu di tanggal 13 ini lomba dan akan dilanjutkan dengan pembekalan. Dilanjutkan esok harinya tanggal 14 kunjungan ke Riau Pos. Terakhir tanggal 15 mereka sudah kembali pulang," ujarnya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 13 Mei 2016.

BACA JUGA: SMPN 1 Kampar Optimis Raih Juara Lomba Karya Jurnalis Siswa SMP

 

Junaidi menjelaskan tujuan diselenggarakan acara tersebut untuk memperkenalkan dunia jurnalistik sejak dini kepada siswa tingkat SMP. "Dengan adanya lomba ini diharapkan tiap sekolah itu nantinya ada media sekolah. Kalau dulu yang ada hanya mading sekarang ditingkatkan menjadi buletin atau majalah sekolah," tandasnya.

 

Selain itu, di juga berharap agar seluruh siswa dari sekolah yang sudah berpatisipasi dalam acara itu mampu membuat buletin sesuai dengan kemampuan sekolahnya.

 

"Tergantung kemampuan dari sekolah masing-masing buletin itu untuk diterbitkan. Bisa jadi 1 kali dalam satu smester atau dua kali semester. Harapannya kegiatan jurnalistik ini bisa berkembang di sekolah dengan adanya media di sekolah. Dan ini juga mendukung kerja pemerintah," ucapnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline