4 Hal Memicu Sperma Anda tak Berkualitas

Sperma.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINEBagi pasangan suami istri, memiliki anak merupakan hal yang dinanti-nantikan. Ada berbagai faktor kenapa pasangan suami istri hingga belasan bahkan puluhan tahun membina rumah tangga, belum juga dikaruniai anak. 

 

Seorang laki-laki perlu menjaga betul kualitas sperma dimilikinya. Tahukah Anda, sperma pria dapat membuahi sel telur wanita seumur hidupnya? (Baca Juga: Kencing Anda Bernanah? Ini Penyebab Utamanya

 

Ini bertolak belakang dengan perempuan, mereka dalam satu titik akan mengalami menopause dan tidak bisa dibuahi kembali. Mengingat panjangnya umur sperma, seorang pria wajib tahu betul menjaga kualitas spermanya. 

 

Dalam kasus kemandulan, tutur dr Adithia Kwee, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com, perlu disadari laki-laki pun seringkali menjadi sebab kemandulan.

 

"Walaupun memang statisik menunjukkan wanita lebih sering bermasalah dengan hal ini. Jika seorang pria mandul, maka kondisi psikisnya jelas akan terganggu," tuturnya.

 


Menurunnya rasa percaya diri, jelas Adithia, memicu keretakan rumah tangga yang tak akan terelakkan begitu saja. (Klik Juga: Gatal di Kemaluan Jangan Dianggap Remeh. Ini Bahayanya

 

Apa saja yang dapat merusak kualitas sperma? Berikut penjelasannya:

 

1. Suhu yang terlalu tinggi

Tahukah Anda, kantung testis pria diciptakan terpisah dengan tujuan mulia? Terpisahnya kantung testis ini dimaksudkan agar suhunya dijaga lebih rendah dari suhu tubuh. Pada dasarnya, sperma akan mati dalam suhu terlalu panas. Kesuburan pun terganggu. Karena itu hindarilah mandi dengan air yang terlalu panas, berendam di air panas, sauna terlalu lama.

 

2. Radiasi

Kebiasaan menaruh handphone di kantung celana tidak baik pada pria. Panas yang terpancar dari HP akan merusak kualitas sperma, karena itu bawalah tas kecil untuk menaruh HP Anda.

 

3. Efek samping obat

Beberapa jenis obat-obatan bersifat mengurangi jumlah sperma, sehingga jumlah normal sperma berkisar di 2 juta sel akan menurun secara drastis dan menurunkan keberhasilan pembuahan sel telur. Karena itu tanyakan kepada dokter Anda efek samping dari obat Anda minum dan beritahukan dokter Anda jika Anda berencana memiliki anak agar obat dapat diganti dengan jenis lain. Contoh obat yang dapat menyebabkan jumlah sperma berkurang antara lain obat-obatan golongan Sulfa (Sulfasalazine, dll)

 

Kiat Sperma Sehat

Menjaga kesehatan tubuh Anda dan berolahraga secara teratur juga memiliki andil besar dalam pemeliharaan sperma sehat. Berikan tubuh Anda asupan yang bergizi dan hindari zat-zat yang merusak tubuh Anda seperti rokok. (Lihat Juga: Menahan Pipis Memicu Infeksi Saluran Kemih

 

Beratkah untuk dijalani? Tentu tidak, karena pada prinsipnya pria jantan tahu cara menjaga aset terbesarnya!



Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline