Apa, Banyak Duduk Bisa Sebabkan Kematian?

duduk.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Anda mungkin sudah tahu bahwa terlalu banyak duduk tidak baik dan kebanyakan dari kita sering merasa bersalah karena menghabiskan waktu terlalu lama duduk santai menonton tv. Tetapi, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh ketika kita menghabiskan 8 jam sehari untuk duduk?

 

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutkan, terlalu lama duduk merupakan penyebab kematian nomer 4, setelah tekanan darah tinggi, merokok, dan kadar gula darah tinggi. (KLIK: Kita Kewalahan Tangani Asap, Pemprov Harus Miliki Protap Khusus)

 

"Aktivitas fisik memainkan peran penting dalam kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian memperkirakan, setiap penambahan dua jam duduk dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 5 persen," kata dr.Simon Salim, Sp.PD.


Simon menambahkan, saat kita duduk pembakaran kalori akan turun. "Setelah dua jam duduk terus, kadar Kolesterol baik turun sampai 20 persen. Karena itu berdirilah dan lakukan peregangan singkat setiap dua jam sekali," ujarnya.

 

Berikut adalah beberapa efek duduk terlalu banyak bagi tubuh.

 

 Kerusakan organ

Otot akan membakar lebih sedikit lemak dan aliran darah melambat, sehingga lemak akan lebih mudah menempel di pembuluh darah. Kebiasaan duduk dalam jangka panjang juga meningkatkan tekanan darah dan koleseterol. (BACA: Makanlah di Rumah Untuk Kurangi Resiko Obesitas dan Diabetes)


 

Riset juga menunjukkan, duduk dan tidak aktif bergerak dalam 24 jam akan menurunkan efektivitas insulin sehingga beresiko sakit diabetes.

 

 Penuaan otot

 

Saat kita berdiri, bergerak atau duduk tegak, otot perut akan membuat kita tegak. Tetapi saat kita duduk merosot, otot tersebut tak terpakai. Hal ini bisa merusak lengkungan alami punggung.

 

Selain itu, terlalu banyak duduk juga mengurangi fleksibilitas pinggul. Duduk juga akan mengurangi kestabilan tubuh dan mengurangi kepadatan tulang.

 

 Gangguan pada kaki

 

Duduk dalam periode terlalu lama bisa membuat sirkulasi tubuh lambat, sehingga cairan menumpuk di kaki. Akibatnya kaki menjadi bengkak, varises, hingga penyakit berbahaya penyumbatan darah yang disebut deep vein thrombosis (DVT). (LIHAT: Ubahlah Pola Hidup, Ini Penyebab Diabetes Saat Muda

 

 Masalah di otak

Otot yang dipakai bergerak akan memompa darah segar dan oksigen ke seluruh otak sehingga fungsinya lebih optimal.

 

 Gangguan di leher

Jika waktu duduk Anda kebanyakan dihabiskan di meja kerja, kemungkinan besar leher Anda terlalu maju sehingga dalam jangka panjang merusak keseimbangannya. Selain leher, otot di sekitar bahu dan punggung juga akan terpengaruh.