Investasi, Untung dan Waktu Tepat Melakukannya

Investasi.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cerdas berinvestasi kali ini kita akan bahas apa itu Investasi. Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia, Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

 

Secara sederhana kita bisa melihat ada tiga bagian penting, pertama uang sebagai objek yang akan kita kembangkan, kedua media/tempat (produk investasi) untuk mengembangkan uang, bisa berupa perusahaan ataupun proyek dan yang ketiga adalah tujuan yaitu memperoleh untung, dan tujuan ini harus spesifik karena akan berpengaruh kepada media/tempat untuk mengembangkan uang tersebut.

 

Untung, itu relatif sehingga harus dituliskan berapa persen targetnya karena ini akan berpengaruh pada jenis produk investasi. Selain itu , juga akan berpengaruh pada perilaku kita dalam berinvestasi. (Baca Juga: Mengakali Nilai Uang yang Turun)

 

Pasalnya, karena keuntungan akan selalu sejajar dengan risiko, sehingga kalau target untungnya besar kita juga harus siap menghadapi risiko yang besar, dan kalau mau menguranginya, kita harus lebih banyak lagi belajar mencari tahu cara menghindari risiko. Juga punya waktu cukup untuk memantau investasinya.

 

Hal lain yang harus spesifik dari tujuan investasi (untung) adalah waktu, berapa lama target keuntungan yang sudah ditetapkan akan dicapai, ini dilakukan untuk dapat memilih produk investasi yang tepat dan bijak.


 

Kepala Kantor BEI Perwakilan Riau

EMON SULAEMAN, Kepala Kantor BEI Perwakilan Riau 

 

Investasi secara mendasar bisa kita bagi menjadi dua. Pertama investasi di sektor riil, sebagaimana selama ini banyak orang lakukan. Contohnya bisa dengan cara membeli tanah rumah, emas, pabrik, perdagangan dan lain-lain.

 

Kedua adalah investasi di sektor keuangan. Contohnya diperbankan dan pasar modal. Khusus untuk dipasar modal sendiri terdiri dari banyak produk yaitu saham, surat utang (obligasi), sukuk, reksadana, derivatif dan sekuritisasi aset. (Lihat Juga: Pengunjung Keluhkan Riau Expo 2015 Sepi UMKM

 

Peluang keuntungan dan risiko dari semua produk tersebut berbeda-beda, inilah maksud kenapa ketika membuat tujuan harus jelas berapa besar untungnya dan berapa lama waktunya harus ditentukan sebelum melakukan investasi (***)

 


Rubrik CERDAS BERINVESTASI ini diasuh langsung oleh Emon Sulaeman, Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Riau.