Mundung: Kita Harus Rebut Blok Migas Riau

Demo-Mahasiswa-Unri-di-Chevron.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUCI AULYA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Presidium Poros Muda Riau, Joni Setiawan Mundung mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu merebut blok migas Riau agar dapat dikelola secara mandiri oleh pemerintah daerah.

 

"Kita harus merebut apa yang seharusnya menjadi hak kita. Kita tak mau menggunakan kata meminta seolah sebelumnya itu bukan milik kita. Makanya yang tepat adalah dengan merebut," ujar Mundung dalam diskusi di Sekretariat Forum Komunikasi Pemuda dan Masyarakat Riau (FKPMR), Kamis (2/10/2015).

 

Mantan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Riau mengatakan, selama ini tata kelola migas terkesan sangat sentralistik yang membuat daerah kehilangan sebagian besar hak yang seharusnya menjadi milik Riau. (KLIK: Mahasiswa Gema Desak Aparat Serius Tegakkan Hukum)


 

"Selama ini kita hanya dibodoh-bodohi saja oleh pemerintah pusat. Sejak ketikan minyak Riau berada dalam masa kejayaannya. Riau selalu dapat hak yang tak seberapa dibanding yang seharusnya. Parahnya lagi, hal ini terjadi tanpa bisa terhentikan oleh Riau sendiri kendati hal tersebut telah lama diketahui oleh masyarakat Riau sendiri," tegas alumni Fakultas Pertanian Universitas Riau ini.

 

Mantan aktivis 98 ini juga menyampaikan pemerintah daerah juga harus ambil andil dalam pembentukan sikap untuk merebut blok migas Riau yang sebagian besar dikelola oleh asing. (BACA: Bayi Perempuan Ini Korban Ganasnya Asap Sumatera)

 

"Pemerintah juga harus berani untuk bersuara ke pusat untuk dalam rangka merebut migas Riau ini. Apalagi kita sudah punya contoh BUMD migas yang masih berjalan baik hingga kini yakni SPR Langgak dan Bumi Siak Pusako (BSP). Maka tidak ada alasan untuk mundur," tegas Mundung.